Masjid Jogokariyan Yogyakarta  terletak tepat di tengah-tengah kampung Jogokariyan, kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta tepatnya di jalan Jogokariyan 36 Yogyakarta 55143 , merupakan masjid yang bisa dijadikan percontohan para pengurus takmir masjid di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya.Trobosan- trobosan pengurus takmir perlu dijadikan contoh bagi pengurus takmir masjid lainnya. Masjid dengan fasilitas lengkap dari kantor , tempat parkir, ruang masak , ruang tidur bagi tamu yang ingin iktikaf atau menginap tersedia di masjid ini.Infaq dan shodaqohpun dikemas dengan menarik termasuk trobosan shodaqoh beras yang dipasang di depan masjid. Trobosan lainnya adalah sholat berjama’ah dengan hadiah Umroh yang membuat jama’ah masjid ini selalu penuh, walaupun tentunya niatan untuk berjama’ah bukan karena hadiah umroh tetapi karena mencari Ridlo Allah SWT.

Gb. Salah satu ruangan di lantai 2 yang bisa dipakai untuk menginap bagi jama'ah atau tamu yang ingin menginap

Gb. Salah satu ruangan di lantai 2 yang bisa dipakai untuk menginap bagi jama’ah atau tamu yang ingin menginap

Gb. Kamar-kamar tidur dan istirahat untuk para tamu

Gb. Kamar- Kamar untuk menginap para tamu yang ingin iktikaf

 

Hampir disetiap pojok ada galon-galon air minum untuk para jama’ah maupun siapa saja yang haus dan disediakan secara cuma-suma. Di halaman lantai 3 khususnya disekitar kubah terdapat halaman yang luas yang bisa dipakai oleh anak-anak untuk bermain dan latihan kegiatan lainnya.

Gb. Air minum untuk jama'ah terpasang di setiap sudut

Gb. Air minum untuk jama’ah terpasang di setiap sudut

 

 

 Semoga terobosan-terobosan ini bisa di tiru oleh para pengurus takmir masjid agar kenyamanan jama’ah terjamin dan umat Islam yang datang ke masjid untuk memakmurkan masjid semakin banyak.
 

 


 

 

C360_2011-11-1814-15-14-300x225

Gb. Kotak tempat shodaqoh beras

Gb. Halaman di lantai 3 dekat kutbah untuk latihan  drumband anak-anak dan bermain

Gb. Halaman di sekitar kubah