Gunung Merapi yang beberapa saat tenang tidak bergejolak dengan mengeluarkan lava dan “wedus gembel “ hari Minggu 20 April 2014 kembali bergeliat mengeluarkan abu volkaniknya. Hal ini mengingatkan gunung Sinabung di Sumatra , gunung Kelud di Jawa Timur yang beberapa bulan yang lalu meletus dan abu vulkaniknya hampir dirasakan sebagian masyarakat pulau Jawa.
Gunung Sinabung, gunung Kelud dan gunung Merapi meletus secara hokum alam merupakan kejadian yang biasa terjadi pada sebuah gunung berapi di mana saja. Tetapi semua alam di dunia ini bisa berjalan dan beredar di jalur edarnya masing-masing karena pasti ada yang mengatur atu mengendalikan, tidak mungkin jutaan bintang beredar selama jutaan tahun tanpa bertabrakan bila tidak ada yang mengatur. Siapa yang mengaturnya , bagi orang yang beriman dan percaya bahwa setelah mati ada kehiduan tentu percaya dan yakin bahwa yang mengatur semua itu adalah Allah SWT. Begitu juga gunung meletus atau diam tidakmeletus tentu ada yang mengaturnya yaitu Allah SWT.
Mengapa gunung Sinabung, gunung Kelud dan Gunung Merapi meletus tentu ada penyebabnya. Tidak mungkin Allah SWT akan menurunkan bencana bila umat diatas dan di sekitar gunung tersebut beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Bila manusia di sekitarnya melaksanakan apa yang diperintahkan oleh-NYA dan meninggalkan apa yang dilarang-NYA Insya Allah Allah tidak akan menurunkan bencana seperti gunung meletus dan sebagainya.
PEMILU 9 April 2014 baru saja berlalu , hampir semua masyarakat mengetahui di ajang pemilu tersebut banyak terjadi hujat menghujat, janji palsu, goyang erotis untuk menarik calon pemilih sampai membagi-bagikan uang kepada sebagian masyarakat agar mereka mau memilih calon anggota legislative dari partai dan sebagainya. Banyak sholat fardu ditinggalkan karena mengikuti kampanye, banyak anggota KPPS sholet Dhuhur , ‘Asar dan Maghrib terlewatkan karena dituntut untuk segera melaporkan hasil penghitungan kartu suaranya dan sebagainya.
Di sebagian anak-anak muda pun pacaran yang mendekati zina sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi kebanggan, banyak gadis kehilangan kegadisannya , minuman keras banyka dijual dan dikonsumsi dimana saja , dan ini semuanya adalah hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT tetapisemua itu menjadi kebanggaan sebagian masyarakt kita saat ini. Hal inilah yang menjadikan Allah SWT menegur kita dengan bencana gunung meletus , dan tidak menutup kemungkinan dengan memrintahkan gunung Merapi untuk “ BATUK “ dan mengeluarkan isinya sebagai peringatan kepada kita semia. Maka dari itu sebelum Allah SWT memrintahkan gunung Merapi untuk meletus , kita segera bertaubat atas segala dosa dan maksiat yang sudah terlanjur kita lakukan kemudian banyak beristighfar serta tidak akan mengulangi lagi , Insya Allah hal ini akan menyebebkan Allah menurunkan kasih sayangnya kepada kita sehingga gunung Merapi diperintahkan oleh Allah SWT untuk berbak-baik kepada kita semua, semoga.