Hikmah :
”Do’a yang diucapkan antara azan dan iqomat tidak ditolak (oleh Allah)”. (HR. Ahmad)

Gb. Salah satu sisi pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal yang terletak di desa Tepus kecamatan Tepus Gunungkidul merupakan salah satu pantai di daerah Gunungkidul ciptaan Allah SWT yang sangat mempesona. Hamparan pasir putihnya yang memanjang sekitar satu kilometer dibibir pantai menjadi pesona tersendiri bagi yang mengunjunginya. Selain pasir putihnya yang masih bersih dan luas , disebelah Timur pantai juga terdapat tebing bukit yang putih dimana kita bisa mendakinya dari pantai dan kemudian menikmati luasnya laut Selatan dari atas bukit . Di atas bukit kita bisa duduk dibawah bangunan yang sudah ada sambil istirahat menikmati makanan atau minuman.
Bila kita ingin bermain di pasir yang agak luas kita bisa menuju pantai sebelah Barat, dengan luasnya pasir putih tersebut kita bisa bermain sepakbola dan permainan lainnya. Di sepanjang pantai juga sudah tersedia warung makanan dan minuman, kamar-kamar kecil untuk MCK bahkan penginapan yang bisa kita pakai untuk menginap bila kita ingin menginap di pantai dan menikmati udara pantai yang segar di pagi hari.
Bila kita ingin menikmati pantai di siang hari di atas pasir putih dipinggir pantai kita bisa menyewa tenda dan tikar dengan harga sewa duapuluh ribu rupiah. Bila kita ingin sholat setelah masuk waktu sholat kita bisa menuju musholla yang terletak di sebelah Barat pintu masuk pantai ini.
Untuk menuju pantai ini dari kota Wonosari Gunungkidul kita bisa melewati dua jalur , jalur satu lewat Pasar Semanu ke Selatan, sampai desa Balong kemudian belok ke kanan ( Barat ) . Setelah melewati jalan beraspal di pertigaan kita akan membaca papan petunjuk ke pantai Pok Tunggal yang terbuat dari kayu. Di pertigaan ini kita belok ke kiri melewati jalan cor blok dan kadang-kadang jalan berbatu yang rusak sekitar 2 sampai 3 kilometer. Perjalanan 2-3 kilometer harus kita tempuh dengan hati-hati karena selain jalannya masih berbatu-batu yang licin dipagi hari juga tanjakan dan turunan yang cukup lumayan. Yang perlu di jaga bagi para pengendara sepeda motor untuk melewati jalan masuk ini adalah kondisi ban motor harus betul-betul baik dan tidak gundul, sebab bila tidak maka bisa terjadi ban bocor dan akan menyiksa kita untuk menuntunnya menuju tempat tambal ban yang lumayan jauh.
Kesulitan kita melewati jalan ini memasuki pantai akan tertebus dengan pemandangan pantai yang alami dan bersih serta gelombang laut yang menggulung-gulung indah di depan mata kita.
Demikian sekilas tentang pantai Pok Tunggal Tepus Gunungkidul , semoga menjadisarana kita menikmati keindahan pantai ciptaan Allah SWT sehingga bisa menambah rasa sykur kita kepada-Nya.