Gb. Salah satu phasil panen milik jama'ah

Gb. Salah satu phasil panen milik jama’ah

Gb. Panen padi milik salah satu jama'ah

Gb. Panen padi milik salah satu jama’ah

Panen padi dan sebagainya baru saja di bulan April 2014 ini dinikmati oleh para petani di Gunungkidul khusunya dan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Masyarakat petani berbondong-bondong mengusung hasil panenya ke rumah-rumah mereka untuk disimpan maupun dijual atau digilingkan ditempat penggilingan.

Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah SWT atas pemberian rizki pada panen tahun ini.Salah satu yang dilaksanakan umat Islam di desa Wareng Wonosari Gunungkidul adalah dengan mengeluarkan sebagian kecil hasil panennya untuk shodaqoh dan Badan Musyawarah Takmir Masjid ( BAMUSTAKMAS ) desa Wareng menamakannya Shodaqoh Panen. Tahun 2014 ini sudah merupakan tahun yang ke empat para jama’h masjid yang sebagian besar petani mengeluarkan shodaqoh panennya.

Setelah panen dipandang sudah selesai para pengurus takmir masjid berkoordinasi kemudian mengumumkan kepada jama’ahnya masing-masing agar yang ingin mengeluarkan shodaqoh panen segera mengumpulkannya di masjid yang biasa dipakai untuk sholat jama’ah sehari-hari. Setelah dipandang cukup waktu sekitar 2 minggu para takmir menghitung pendapatan shodaqoh panennya masing-masing kemudian dilaporkan kepada pengurus BAMUSTAKMAS untuk selanjutnya dimusyawarahkan kemana akan ditasyarufkan.

Pada tahun sebelumnya pentasyarufan selain ke jama’ah yang dipandang sangat membutuhkan ( fakir miskin ) juga ke Pondok -pondok pesantren yang ada di Gunungkidul, khususnya pondok pesantren yang menampung santri-santri dari golongan fakir miskin.

Alkhamdulillah pada tahun 2013 kemarin untuk mengantarkan shodaqoh panen ke pondok -pondok pesantren sampai menggunakan 4 armada mobil.Hasil panen yang dikumpulkan dari para jama’ah selain beras, sayuran, kelapa buah pisang , buah pepaya dsb juga minyak goreng , gula pasir supermi dan sebagainya dari jama’ah yang kebetulan tidak bertani tetapi menjadi pegawai.

Semoga takmir-takmir masjid yang ada dimanapun bisa merintis shodaqoh panen ini untuk menopang kehidupan fakir miskin maupun para santri yang sedang menuntut ilmu di pondok-pondok pesantren yang ada .

 

Hikmah:

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” ( QS Saba’ ayat 34 )