Gb. Ustazd Andar Jumailan MA memberikan materi manasik haji

Gb. Ustazd Andar Jumailan MA memberikan materi manasik haji

Gb. Jama'ah ibu-ibu

Gb. Jama’ah ibu-ibu

Bertempat di rumah bapak Agus Suhartoyo Ledoksari Kepek Wonosari Selasa 25 Maret 2014 dilaksanakan manasik regu .Acara dipandu oleh ketua regu bapak Budi , setelah pembukaan dilanjutkan materi yang disampaikan oleh pembimbing KBIH Aisiyah ustazd Andar Jumailan MA.
Materi pada saat itu mengambil tema setelah jama’ah sampai di bandara Internasional Jeddah setelah menempuh perjalanan dari tanah air. Di bandara internasional Jeddah oleh pemerintah Arab Saudi jama’ah dari Indonesia disediakan tenda permanen untuk istirahat setelah menempuh perjalanan sekitar 11 jam.Selanjutnya setiap rombongan dengan 1 bus melanjutkan perjalanan ke Madinah dengan waktu sekitar 7-8 jam. Di atas bus kunci kamar hotel di Madinah akan dibagikan oleh petugas kepada kepala regu melalui ketua rombongan.
Perjalanan 7-8 jam dimana sopir tidak bisa setiap saat menghentikan busnya maka para jama’ah harus pandai-pandai mengatur diri khususnya bila ingin ke belakang baik buang air kecil maupun buang air besar. Diharapkan bila bus berhenti , kita langsung menuju toilet untuk buang air kecil atau besar , walaupun mungkin tidak terasa akan buang air kecil.

Gb. Bp Budiharjo bapak Warsito dan Bp Agus Suhartoyo

Gb. Bp Budiharjo bapak Warsito dan Bp Agus Suhartoyo

Sesampai di Madinah ketua rombongan akan membagi kamar kepada setiap regu dalam satu rombongan, selanjutnya untuk menaikkan koper jama’ah akan dibantu oleh tenaga-tenaga pengangkat koper dengan upah 2-5 real perkoper tergantung negoisasinya.
Selama di Madinah setiap jama’ah akan mendapat jatah konsumsi makan 2 kali sehari yang diambil oleh ketua rombongan dibantu ketua-ketua regu.Perlu diketahui di Madinah biasanya pihak hotel tidak memperbolehkan jama’ah masak makanan kecuali untuk memasak air minum dengan heter.Lama di Madinah sekitar 8-9 hari sehingga setiap jama’ah haji dapat melaksanakan sholat di masjid Nabawi minimal 40 kali sholat wajib.Bila kita ingin sholat dan berdoa di Roudloh lokasinya diatas nya kubahnya berwarna Hijau. Untuk Ibu-Ibu diberi waktu khusus yaitu waktu Dhuha dan setelah sholat Dhuhur sedangkan untuk bapak-bapak diluar waktu tersebut.
Di masjid Nabawi setiap bakda Maghrib sampai Isyak ada taklim yang diisi para syeikh , kita bisa memilih taklim sesuai dengan bahasa yang bisa kita pahami.Program umum di Madinah atau masjid Nabawi adalah Sholat Lail dilanjutkan sholat Subuh dan Dhuha. Selesai Dhuha kita pulang untuk istirahat dan makan kemudian menjelang Dhuhur kembali ke masjid lagi.
Bila kita ingin mencuci pakaian maka mencucinya bisa dikamar mandi dan menjemurnya di lantai atas dengan peniti supaya tidak kabur terkena angin, jangan lupa setiap pakaian kita diberi nama agar tidak keliru dengan jama’ah lain.
Selama di Madinah kita bisa menambah kegiatan dengan Ziarah ke bukit Uhud, kebun korma dank e masjid Quba. Sholat dimasjid Quba sama dengan kita umroh satu kali. Untuk menuju masjid Quba di sekitar masjid Nabawi sudah banyak angkutan dengan tariff rata-rata 10 Real perorang pulang pergi.Di dekat masjid Nabawi terdapat makam Baqi yang terkenal kita pun bisa berziarah ke makam tersebut kecuali jama’ah putrid tidak diperbolehkan masuk.
Bila kita ingin membeli peralatan masak dan sebagainya bisa menuju ke Mall Bin Dawood , disana sudah tersedia lengkap tinggal kita membelinya.
Demikian sekilas kegiatan manasik regu di rumah bapak Agus Suhartoyo Ledoksari Kepek Wonosari, semoga menjadi bahan untuk menuju Haji yang MABRUR.

Hikmah :

“Barangsiapa yg melakukan shalat ‘Isya dengan berjamaah, maka itu seperti shalat separuh malam,

dan barangsiapa yg melakukan shalat ‘Isya dan Shubuh dengan berjamaah, maka itu seperti shalat satu malam penuh “

[HR At-Tirmidzi, Abu Dawud )