Gb. Kios-kios di bukit Patuk Gunungkidul

Gb. Kios-kios di bukit Patuk Gunungkidul

Bukit Patuk Gunungkidul yang terletak di jalur utama yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan kabupaten Gunungkidul merupakan lokasi yang indah bagi pengguna jalan yang melewatinya.Karena hal tersebut maka lokasi ini tumbuh subur kios-kios penjual makanan dan minuman , bahkan ada juga penginapan. Semakin hari semakin banyak kios yang berdiri di lokasi ini baik yang masuk wilayah Bantul maupun Gunungkidul.

Di seberang jalan berdiri dengan kokohnya pegunungan yang tinggi yang banyak ditumbuhi pepohonan. Bukit-bukit tanah tersebut bila musim penghujan menjadi lokasi peresapan air hujan yang jatuh dari langit.Dengan semakin banyaknya kios dan bangunan di sekitar bukit patuk maka lambat laun akan mengurangi lokasi peresapan air sehingga air akan menggenangi badan jalan sekaligus sekitar  bangunan- bangunan kios  yang ada disekitarnya. Bila curah hujan sangat tinggi maka bukit yang ada tidak akan mampu menampung air yang ada di sekitarnya sehingga bisa menjadi banjir dan tanah longsor.

Gb. Bangunan di atas bukit Patuk yang terlihat dari Piyungan

Gb. Bangunan di atas bukit Patuk yang terlihat dari Piyungan

Bila di bukit Patuk terjadi longsor maka banyak kerugian yang diderita antara lain:

1.       Kendaraan dan orang yang sedang lewat maupun yang berada di kios-kios tersebut

2.       Bangunan penginapan dan kios-kios bisa hancur tertimbun tanah longsor.

3.       Jalan penghubung antara kabupaten Gunungkidul dengan Yogyakarta akan terputus total sehingga arus transportasi terhambat, roda perekonomian juga terhambat.Pada hal jalur ini merupakan satu-satunya jalur penghubung antara Gunungkidul dan Yogyakarta.

Dengan melihat bahaya –bahaya tanah longsor terebut maka sebaiknya dilakukan langkah preventif atau pencegahan yang salah satunya menceg h agar disekitar jalur tersebut tidk berkembang bangunan baik kios maupun penginapan.

Instansi yang terkait dengan Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB ) baik dari kabupaten Gunungkidul maupun Bantul perlu turun tangan ke lapangan agar bisa dicegah sedini mungkin banyaknya bangunan di lokasi ini sehingga menyebabkan tanah longsor yang membahayakan dan merugikan masyarakat.

Hikmah:

 

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)