Gb. Sebagian kios -kios dekat jembatan Suramadu Bangkalan Madura

Gb. Sebagian kios -kios dekat jembatan Suramadu Bangkalan Madura

 

Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan penghubung antara Surabaya dan pulau Madura  menjadi kebanggaan warga masyarakat Madura  dan Jawa Timur pada umumnya. Jembatan dengan panjang sekitar 2,5 km tersebut saat ini menjadi satu-satunya jembatan terpanjang di Indonesia. Sebelum masuk jembatan dan melewati gerbang Tol yang merupakan pintu pembayaran bagi mobil maupun motor yang mau lewat terlihat di samping kanan dan kiri jalan bisa kita lihat bangunan-bangunan yang sangat bagus dan teratur.

Melewati jembatan dikanan dan kiri jalan kita lihat pemandangan laut dan pelabuhan di tepi laut baik di pulau Madura maupun Surabaya.Sampai di ujung jembatan dan kita sudah masuk pulau Madura persisnya di kabupaten Bangkalan terlihat pemandangan yang ironis, di samping kiri dan kanan jalan yang mulus berderet-deret kios-kios pedagang baik makanan maupun cendera mata. Yang agak kurang sedap dipandang mata kios-kios tersebut hampir semuanya beratapkan terpal plastik, selain bentuknya tidak sama juga terlihat seperti bangunan tempat pengungsian yang kurang teratur.Bagusnya jembatan karena pemandangan lautnya serta konstruksi jembatannya tidak seimbang dengan pemandangan deretan kios di pulau Madura yang terletak di kabupaten Bangkalan.

Melihat pemandangan yang sangat kontradiktif tersebut sebaiknya pihak yang berkompeten baik di pulau Madura khususnya maupun di Jawa Timur pada umumnya  untuk bisa menata kios-kios tersebut sehingga bisa tertata rapi.Bila kios-kios tersebut tertata rapi maka wisatawan juga akan tertarik untuk mampir dan menikmati pemandangan jembatan Suramadu sekaligus membeli cendera mata maupun masakan khas  Madura. Semoga dinas Pariwisata Jawa Timur mau terjun menata kios-kios tersebut untuk kepentingan masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke jembatan Suramadu.