Gb. Lubang Sumur Peresapan tidak memerlukan material yang banyak

Banjir melanda disetiap daerah di Indonesia bila musim penghujan tiba ,tidak hanya daerah-daerah yang datar saja tetapi daerah pegunungan yang sebelumnya tidak pernah terkena banjirpun tahun 2013 ini terkena giliran banjir,Wonosari Gunungkidul misalnya ,tahun ini beberapa lokasi terkena banjir.

Salah satu penyebab banyak terjadinya banjir dikarenakan semakin sedikitnya peresapan karena tanah-tanah sudah banyak atau sebagian besar disemen , beton dan aspal.Hal ini menyebabkan air hujan tidak banyak yang meresap sehingga langsung mengalir dipermukaan tanah.

Untuk menanggulangi air hujan yang tidak meresap karena memang peresapan semakin sedikit maka perlu dukungan dari semua pihak baik perorangan ataupun kebijakan pemerintah.Diperlukan penyadaran kepada anggota masyarakat agar sebagian halaman rumahnya atau juga rumah yang ditempati ada peresapan untuk menampung air hujan dan meresapkan air yang ada ke dalam tanah.Selain penyadaran dan sosialisasi juga perlu peraturan dari pemeintah selaku pemegang kekuasaan agar membuat peraturan yang mewajibkan setiap keluarga mebuat sumur peresapan dihalamannya atau di rumahnya.

Gb. sumur peresapan yang sudah ditutup

Dengan adanya sumur peresapan ini maka sebagian air hujan akan masuk kedalam sumur peresapan sehingga mengurangi air yang mengalir di permukaan tanah.Diatas sumur peresapanpun masih bisa dimanfaatkan menurut kebutuhan yang ada karena sumur peresapan tersebut bisa ditutup dengan cor .

Semoga peraturan tentang setiap keluarga untuk membuat sumur peresapan bisa mengurangi bencana banjir yang setiap tahun meningkat baik volume maupun daerah yang terkena banjir.

Hikmah :

“Dua mata yang diharamkan dari api neraka, yaitu mata yang menangis karena takut kepada Allah, dan mata yang menjaga serta mengawasi Islam dan umatnya dari (gangguan) kaum kafir. (HR. Bukhari)”