Gb. Mas Saptuari Sugiharto menyampaikan materi Wira Usaha

Gb. Mas Saptuari Sugiharto menyampaikan materi Wira Usaha

Saptuari-Sugiharta-Founder-Kedai-Digital

Mas Saptuari Sugiharto sesuai dengan namanya SUGIH ( Kaya dalam bahasa Jawa ) ARTO ( Uang dalam bahasa Jawa ) merupakan pengusaha muslim yang masih muda yang sukses di tingkat nasional dan beberapa kali mendapatkan penghargaan di tingkat nasional karena prestasinya dibidang wiraswasta dan wirausaha.Kesuksesan mas Saptuari Sugiharto tidak didapatkan dari orangtuanya maupun secara singkat. Beliau anak yatim dengan ibu yang bekerja serabutan karena ditinggal suaminya harus mencari uang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.Karena ditempa oleh keadaan tersebut mas Sabtuari sugiharto harus mencari uan sendiri sejak di bangku sekolah dengan berbagai profesi dijalaninya dari peternak ayam buras , berjualan pakaian sampai akhirnya beliau masuk UGM Faultas Geografi dan Lulus dengan biaya sendiri.

Saat ini beliau menjadi pemilik Kedai Digital yang sudah sangat terkenal di Yogyakarta.Menurut mas Saptuari Sugiharto dihadapan peserta MABIT di PPPA Samparan kiat-kiat sukses menurut beliau adalah:

1. Putus Urat MALU dalam diri kita

MALU merupakan hal yang paling banyak dihadapi para perintis wiraswata dimanapun berada , apalagi bila yang merintis tersebut masih bersetatus pelajar SLTP maupun SLTA. Malu dilihat teman-teman maupun gurunya dan tidak sedikit yang mengolok-oloknya.

Mas Saptuari menekankan harus diputus urat nadi”MALU “nya menghadapi olok-olok mereka usaha jalan terus ,tutup telinga terhadap cemoohan dan olok-oloknya.

2. Power Of ” KEPEPET ”

KEPEPET dalam bahasa Indonesia berarti kondisi yang darurat , tidak sesuai antara harapan dengan keinginan biasanya menimbulkan tenaga yang sangat dahsyat. Hampir 99 % orang sukses di dunia Wiraswasta pernah mengalami peristiwa yang bernama ” KEPEPET ” termasuk mas Saptuari Sugiharto.

3. Habiskan Jatah Gagalmu

Manusia hidup sudah ditulis sebelum ruh ditiupkan didalam kandunga dengan kesuksesan dan kekagagalan.Bila kita berwiraswasta kemudian menghadapi kegagalan dan kegagalan maka jangan putus asa dan teruskan untuk berusaha sampai jatah kegagalan kita habis ,Insya Allah jatah kesuksesan kita tinggal kita ambil atau diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

4. Tulislah semua impianmu tentang cita-cita berwiraswasta kemudian libatkan Allah SWT dengan menyampaikan segala harapan dan cita-cita kita setiap kita habis melaksanakan sholat baik sholat Fardlu maupun sholat Sunah.

5.Tekun dan Fokus

Ketekunan dalam mengelola usaha mutlak diperlukan agar bisa menenej usaha dengan sebaik-baiknya serta terhindar dari pemborosan sehingga usahanya menjadi bangkrut. Fokus dalam mengendalikan usaha dan terus dikelola dengan kesungguhan sampai usaha kita berhasil.

6. Jangan melibatkan “DUKUN ” dalam mengelola usaha kita.

Bila kita melibatkan DUKUN berarti bersekutu dengan syaithon sehingga akan membuat Allah SWT murka kepada kita sehingga do’a kita tidak didengarkan apalagi dikabulkan.

7. Bagi seorang enterprenur ” Semua Orang adalah Guru ” Semua Tempat adalah Sekolah ” dan ” Semua waktu adalah belajar”

Demikian sekilas kiat-kiat sukses bila kita ingin berwiraswasta yang disampaikan oleh mas Sabtuari Sugiarto di Rumah Tahfid Samparan,Caturharjo Pandak Bantul pada hari Ahad 29 Desember 2013. Semoga ada manfaatnya.