Pemandangan yang indah sebelum masuk lokasi kemah Kedung Ranti

Pemandangan yang indah sebelum masuk lokasi kemah Kedung Ranti

Gb. Lapangan kemah untuk lokasi perkemahan

Gb. Lapangan kemah untuk lokasi perkemahan

Dusun Kedung Ranti desa Nglipar  kecamatan Nglipar kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu dusun yang agak ”  terisolir ” di Gunungkidul.Dari desa Nglipar untuk menuju ke dusun tersebut di perlukan perjalanan sejauh kurang lebih 14 km menelusuri jalan cor blok dan menyeberangi sungai Oyo. Bila dari Wonosari harus memutar melewati desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo melewati hutan kayu putih dan hutan jati .

Tetapi dusun yang terisolir tersebut mempunyai potensi alam yang sangat indah khususnya untuk perkemahan bagi sekolah-sekolah yang ada di Gunungkidul.Di dusun tersebut terdapat lapangan yang luas untuk lokasi perkemahan yang dikelilingi hutan kayu putih dan di sebelah utaranya di batasi oleh sungai Oyo yang lebar dan memanjang dengan air sungai yang sangat jernih.Air minum dan untuk MCK juga tidak menjadi masalah karena sumber air yang ada sudah dinaikkan dan dialirkan ke bak-bak penampungan serta rumah penduduk termasuk bak penampungan yang ada di sebelah Barat Lapangan.

Penduduk dusun Kedung Ranti sekitar 160 KK juga dengan senang hati meminjamkan kamar mandi untuk MCK bagi para peserta perkemahan.

Untuk menuju lokasi perkemahan bila kita dari arah Wonosari harus melewati Goa Pindul ke Timur kemudian belok ke Utara melewati hutan kayu putih dan hutan jati  .Masuk ke lokasi masih melewati jalan cor blok yang sempit terutama untuk berpapasan mobil masih sulit sehingga diperlukan kehati-hatian.