taman tidak terawat
Gb. Salah satu taman yang tidak terawat

Keberadaan taman di suatu area perkantoran atau di tempat-tempat umum banyak bermunculan di beberapa daerah baik di kota maupun di desa. Dari segi manfaat yang dapat kitapetik dengan adanya taman antara lain :

1.       Sebagai penyediao ksigenbagi manusiadisekitarnya, sebab salah satu komponen taman tidak bisa terlepas dari  tanaman-tanaman hias maupun tanaman lainnya.Dengan adanya tanaman ini maka di siang har itanaman tersebut merupakan penyedia oksigen secara alami.

2.       Penyerap karbondioksida, di siang har itanaman-tanaman tersebut akan menyerap zatkarbondioksida yang ada disekitarnya untuk kemudian diolah menjadi oksigen.

Sebagai penyejuk bagi siapa yang melihatnya, Insya Allah dengan adanya taman maka bagi yang melihatnya akan menjadikan “rekreasi “ bagi mata yang melihatnya.

4.       Memperindah lingkungan yang ada di sekitarnya.

Denganadanya beberapa manfaat dari taman tersebut maka pengadaan taman bagi perkantoran maupun perkotaan menjadi daya tarik tersendir ibagi pengelolanya.

Sayangnya pengadaan taman- taman tersebut belum diikuti oleh pengelola maupun warga yang ada disekitarnya untuk merawatnya sehingga banyak kita lihat taman-taman yang rusak dan tidak berfungsi bahkan terkesan menjadi kumuh.Akhirnya pengadaan taman yang mungkin menghabiskan jutaan bahkan puluan juta hanya menjadi sarana yang mubazir dan bahkan merusak pemandangan di depan kita.

Perlu penyadaran dan perencanaan yang  matang bagi para pengelola perkantoran sebelum membuat taman agar menyisihkan dananya untuk perawatan dalam jangka panjang serta menyadarkan bagi warganya untuk bersama-sama merawatnya sehingga keberadaanya bisa dinikmati dalam jangka panjang.