Gb. Salah satu pemandangan di terbah

Gb. Salah satu pemandangan di terbah

Salah satu sudut desa Terbah Patuk Gunungkidul

Salah satu sudut desa Terbah Patuk Gunungkidul

Desa Ngoro-Oro  dan desa Terbah merupakan dua desa yang berbatasan dengan desa Nglanggeran di kecamatan Patuk Gunungkidul .Perlu diketahui bahwa desa Nglanggeran terdapat lokasi wisata alam Gunung Api Purba yaitu gunung NGlanggeran.Untuk menuju Gunung NGlanggeran bisa melewati desa Ngoro-Oro dan desa Terbah dari arah Yogyakarta ,tetapi juga bisa lewat Sambipitu bila dari arah Wonosari.

Desa Ngoro-Oro dan Terbah yang berbatasan langsung dengan lokasi wisata Gunung Api Purba ” NGlanggeran ” di penuhi dengan panorama yang indah baik areal persawahan yang berkelok-kelok maupun jalan yang berkelok-kelok dengan latar belakang deretan pegunungan di sekitar gunung Nglanggeran.

Bila dikembangkan dengan baik maka kedua desa tersebut bisa menjadi pendukung wisata di Gunung Nglanggeran dengan memperbaiki sarana infrasetruktur yang ada seperti perbaikan jalan raya menuju lokasi tersebut. Selain itu walaupun di daerah pegunungan di dua desa tersebut banyak terdapat mata air untuk areal persawahan dan pertanian lainnya.Tanaman buah-buahan juga tumbuh subur di Ngoro-Oro dan Terbah seperti rambutan, durian dan sebagainya.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pengembangan dua desa ini adalah selain pengembangan wisata alam yang semakin meluas juga pendapatan masyarakat di kedua desa tersebut akan meningkat.

Semoga pihak-pihak yang berkompeten bisa mengembangkan dua desa tersebut menjadi desa wisata yang menarik.

Hikmah :

”Do’a yang diucapkan antara azan dan iqomat tidak ditolak (oleh Allah)”. (HR. Ahmad)