Air Terjun ” Sendang Ayu ” di lokasi hutan Wanagama

Hutan  Wanagama yang terletak di desa Banaran kecamatan Playen Gunungkidul merupakan salah satu wisata alam yang ada di Gunungkidul.Hutan buatan yang merupakan hutan praktikum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut terletak sekitar 35 km dari kota Yogyakarta. Selain sebagai hutan pendidikan lokasi tersebut bisa dipakai untuk rekreasi yang murah bagi keluarga , sekolah ataupun lembaga yang lain.

Jalan yang melingkar di sekitar hutan Wanagama sepanjang kurang lebih 5 km sangat cocok untuk jalan sehat atau jalan santai bagi siapa saja.Selain bisa menghirup udara segar dengan oksigen yang masih keluar dari daun-daunan sambil memandangi sungai Oyo yang berkelok-kelok menambah pikiran kita menjadi fres kembali setelah bekerja dengan rutinitas yang kadang -kadang sangat menjenuhkan.

Lokasi jalan yang bisa kita masuki setelah pintu masuk kemudian melewati taman ,kita bisa belok ke kanan dahulu melewati jalan cor blok dengan jalan yang berkelok-kelok menurun kemudian memasuki pinggiran sungai Oyo.Selanjutnya dengan menelusuri jalan cor blok di sepanjang tepi sungai kita bisa melihat pohon-pohon yang sangat rindang dengan dedaunan yang sangat lebat.

Setelah kita berjalan sekitar 2,5 Km akan didapati air terjun kecil yang dinamai air terjun “Sendang Ayu ” dengan air yang jernih dan suara gemericik airnya yang membuat pikiran kita menjadi fres kembali.Disepanjang jalan kita bisa melihat berbagai tanaman seperti Mahoni, Jati ,Cemara, maupun tanaman lainnya.

Memasuki lokasi bangunan-bangunan milik UGM jalan yang tadinya cor blok sudah berubah menjadi jalan aspal yang halus.Selain gedung pertemuan ,gedung untuk peristirahatan dan penataran juga ada fasilitas umum yaitu gedung Pendopo yang bisa kita pakai untuk melepas lelah setelah melakukan perjalanan sekitar 4 km. Di sekitar pendopo ini bisa juga dipakai untuk acara perkemahan bagi siswa -siswa sekolah baik sekolah Dasar maupun sekolah lanjutan yang lebih tinggi.Fasilitas MCK juga cukup untuk bisa dipakai oleh banyak orang.

Bila kita selesai melepas lelah di pendopo kita bisa melanjutkan perjalanan menuju taman dan pintu masuk dengan melewati beberapa bangunan antara lain lokasi pembibitan tanaman serta bangunan untuk pemeliharaan ulat sutra. Pohon-pohon yang rindang menjadi penyejuk dan pelindung dari sinar matahari baik siang maupun sore hari.Di ujung perjalanan sebelum pintu masuk di sebelah utara taman ada sumber air yang mengalir dengan airnya yang sangat jernih.Bila kita kepanasan bisa mengambil air di sini untuk cuci muka maupun untuk mandi.

Selesai cuci muka kita bisa duduk di taman dengan tempat duduk dari batu marmer sambil menikmati segarnya udara serta menikmati makanan yang kita bawa.

Mari kita berekreasi murah bersama keluarga atau sanak saudara di hutan Wanagama ,selain menjadikan pikiran kita fresh kemabli juga menambah badan menjadi sehat karena jalan kaki serta tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk kegiatan jalan santai tersebut.