Bendungan kecil di kali Jambe Wareng

Bendungan di Kali NGlanteng Wareng

Kali Jambe yang terletak di Wareng Wonosari merupakan bagian sungai yang mengalir dari Wonosari sampai luweng semurup Giring Paliyan.Sejak lama disekitar kali Jambe dimanfaatkan oleh penduduk sekitar dengan tanaman sayuran dan kolonjono untuk makanan ternak.Bila musim kemarau panjang kadang air sungai menjadi sedikit dan sulit untuk di ambil pakai blek ( alat pengambil air ).

Melihat kondisi ini pemerintah desa Wareng kemudian mengajukan bantuan pembangunan bendungan kepada pemerintah dan pengajuan tersebut dikabulkan .setelah bendungan kecil tersebut selesai maka masyarakat yang mempunyai lahan disekitar sungai agak tenang karena cadangan air menjadi berlimpah.Selain menjadi sarana menyediakan air untuk pertanian bagi warga sekitar bendungan tersebut juga menjadi jembatan penyeberangan bagi warga yang ingin menyeberang baik ke desa Wareng maupun ke desa Wunung di seberang sungai.

Selain di kali Jambe bendungan serupa juga dibangun di kali Nglanteng Wareng ,yang fungsi dan manfatnya juga sama dengan bendungan kali Jambe.

Semoga bendungan kali Jambe di Wareng ini bisa menjadi sarana alternatif bagi semua pihak agar masalah air di Gunungkidul bisa teratasi dengan baik

Hikmah :

Ā Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)