Pohon beringin di Ketangi

Sumber air di bawah pohon beringin

Pohon beringin selain sebagai perindang dari kepanasan di siang hari serta penahan erosi karena banjir atau air hujan ternyata juga menyediakan cadangan air tanah yang melimpah.Salah satu buktinya berada di dusun Ketanggi desa Banyusoco Playen Gunungkidul.Pohon beringin yang terletak di pinggir jalan menuju makam dan menuju penyeberangan ke dusun Kebosungu Dlingo Bantul tersebut dibawahnya terdapat mata air yang sangat jernih dan melimpah ruah airnya.

Air yang keluar dari bawah pohon beringin tersebut saat ini dinaikkan dengan pompa dan kemudian dipakai untuk kebutuhan air minum maupun kebutuhan sehari-hari masyarakat Banyusoco .Tidak terkecuali Pusat Pembibitan Jati Unggul Nusantara ( JUN )yang berlokasi di Banyusoco juga memanfaatkan air dari bawah pohon beringin tersebut.

Dengan melihat realita tersebut sebaiknya pada daerah-daerah yang tandus di Gunungkidul perlu dikembangkan penanaman pohon Beringin,selain untuk perindang ,penahan erosi juga menjadi sarana penyedia air tanah di masyarakat sekitarnya.

Hikmah:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S 7. Al-A’raaf ayat 96)