Fathimah Az-Zahro'

Di SD Al-MUTTAQIN,ada seorang anak yang bernama Lathifah Azzahra dia adalah anak yang baik, lembut,berperilaku sederhana,sopan,walaupun dia tidak pintar,dia disukai teman-teman,orangtua,dan ustadz-ustadzahnya. Pagi-pagi sekali,Lathifah berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepedanya. Sesampainya di sekolah,Lathifah menaruh tasnya di kursi paling depan.Lalu Nisa datang dengan menggunakan jilbab putihnya”.Hai Lathifah yang cantik” sapa Nisa sambil menaruh tasnya  dibelakang tempat Lathifah duduk. “Hai juga Nisa yang imut” jawab Lathifah dengan senyum manisnya. Semakin lama teman Lathifah mulai berdatangan. Ting tong bel masuk berbunyi. “Assalamualaikum anak-anak ucap ustadz Sidiq”. “Waalaikumsalam” jawab anak-anak dengan serentak. “Besuk hari Rabu, ustadz Bilal mengajak kita untuk berkemah” .”Alhamdulillah’ sorak anak-anak. “Trimakasih ya ustadz tolong sampaikan kepada ustadz Bilal ya” kata Lathifah dengan senang. “Iya Lathifah nanti ustadz sampaikan jawab ustadz Sidiq”.”Anak-anak sekarang belajar Al-islam tentang akhlaq dulu nanti ulangan” kata ustadz Sidiq. Iya ustadz jawab anak-anak dengan serentak.

“Ting tong” bel istirahat berbunyi anak-anak berhamburan keluar kelas. “Nisa ayo ke kantin” ajak Lathifah. “Ayo jawab Nisa dengan semangat”. Laiu mereka menuju kantin. Dikantin,Nisa mengambil segelas air putih dan memesan nasi goreng.Lathifah juga mengambil segelas air putih dan memesan roti selai keju.Saat ingin ke kelas Lathifah dan Nisa bertemu dengan Latuf dan Rizal.Mereka berdua mengajak Lathifah ke perpustakaan. Diperpustakaan,Nisa mengambil buku yang berjudul “PERSAHABATAN ITU INDAH”.Lathifah mengambil buku pelajaran Bhs.Inggris.Latuf dan Rizal mengambil buku yang sama yaitu “SEPUCUK SURAT PERSAHABATAN”.Setelah lama mereka membaca,Rizka datang. “Lathifah kamu sama Nisa dipanggil ustadzah Kultsum dikantor kata Rizka setengah berteriak”. “Ya nanti aku kesana kata” Lathifah dan Nisa bersamaan. Dikantor, ustadzah Kultsum membawa kertas HVS yang isinya kelompok-kelompok, peralatan yang dibawa besuk Rabu,dan peraturan-peraturan. “Nisa kamu bagikan kertas HVS yang kamu bawa terus Lathifah kamu nanti bilangin sama teman-temanmu disuruh ustadzah Maryam untuk membaca halaman 27 lalu membuat 5 pertanyaan dan jawaban.. Soalnya   ustadzah Maryam sedang menghadiri rapat” kata ustadzah Kultsum dengan panjang lebar.

“ Ting tong” bel masuk berbunyi, anak-anak berbaris masuk ke kelas.” Assalamualaikum ucap Lathifah”.”Waalaikumsallam” jawab anak-anak dengan serentak.” Maaf, ustadzah Maryam sedang menghadiri rapat,  jadi saya disuruh untuk memberitahu kalau disuruh membaca halaman 27. Lalu membuat pertanyaan dan jawaban kata Lathifah”.Nisa lalu membagikan kertas HVS.Setelah semuanya sudah mengerjakan tugas,Annas lalu mengumpulkan tugas setiap anak di meja ustadzah.Assalamualaikum ucap ustadzah Maryam.Waalaikumsallam jawab anak-anak  dengan serentak. Maaf ya anak- anak, ustadzah tadi rapat sebentar. Tugasnya sudah dikumpulkan belum?tanya ustadzah Maryam. Sudah ust jawab ank-anak dengan serentak. Ting tong bel pulang berbunyi. “Sekarang berdo’a mau pulang”. ‘Berdo’a mulai”. Anak-anak langsung berhamburan keluar kelas. “Lathifah ayo pulang bersama”, ajak Nisa. Ya,jawab Lathifah. “Nisa  aku pulang duluan ya!” Kata Lathifah. “Ya jawab Nisa”. Lalu Nisa sampai di rumahnya.

Sesampainya dirumah,Lathifah menaruh tasnya dan mempersiapkan peralatan yang dibawa besuk. Lalu Lathifah mandi dan segera tidur siang. Lathifah bangun jam 14.27 WIB. Lathifah lalu membantu umi yang sedang memasak. Menjelang malam,Lathifah tidur dengan nyenyak. Pagi-pagi sekali Lathifah bangun dan segera mandi meggunakan air dingin. Setelah itu Lathifah makan bersama. Umi,abi Lathifah berangkat dulu ya kata Lathifah. Iya hati-hati dijalan ya pesan Umi dan Abi.Iya mi.

Disekolah, Lathifah bertemu dengan Nisa dan Afifah.” Hai Lathifah” sapa Nisa dan Afifah bersamaan. Hai juga jawab Lathifah. Semakin lama semakin banyak yang berdatangan. Ting tong bel masuk berbunyi. Anak-anak berbaris menuju kelas masing-masing.Ustadzah Mila menyuruh berbaris didepan kelas. Lalu ustadz Hamzah datang.” Anak-anak nanti masuk ke Bis dengan berbaris” kata ustadz Hamzah. “Baik ustadz” jawab anak-anak dengan serentak. Di Bis, anak-anak duduk dengan tenang. Perjalanan sungguh menyenangkan karena anak-anak bernyanyi dengan riang gembira sambil melihat pemandangan yang sangat indah.

Sesampainya di tempat perkemahan yaitu lokasi Bundaran Siyono. Mereka semua berbaris dengan tertib di pandu oleh ustadz Ali.” Assalamualikum” ucap ustadz Syammil. “Waalaikumsallam” jawab anak-anak dengan semangat. “Sekarang kalian akan ustadz bagi perkelompok’. “Kelompok Khadijah yaitu Izah,Zaina.Nisa,Lathifah,Muti’,Salma,Rizka,dan Lia”.  “Kelompok  Aisyah  yaitu     Farah,Ninda,Dina,Alifah,Amira,Sabhana,Azhar,dan Dilla”. “Kelompok Abu Bakar yaitu Naufal,Hanif,Andri,Salman,Harist,Farhan,Rikko,dan Dicky”. Dan yang terakhir adalah kelompok Ali yaitu: Akmal,Dika,Ghozi,Fauzan,Fauzi,Hanan,Yahya,dan Fendya.” Nanti istirahat 10 menit ditenda perintah ustadz Syammil”. Setelah istirahat anak-anak berkumpul di lapangan. “Ustadzah nanti akan mengadakan permainan yaitu permainan berlari,pukul air,dan baris-berbaris” kata ustadzah Mukti.  “Sekarang permainan pukul air” kata ustadz Dodi. Pada permainan pukul air kelompok Ali mendapat juara pertama,kelompok Khadijah juara kedua,kelompok AbuBakar mendapat juara ketiga ,dan kelompok Aisyah mendapat juara keempat. Setelah permainan selesai mereka lalu tidur siang. Menjelang malam mereka membuat api unggun lalu mereka tidur dengan nyenyak. Kukkuruyuuuk….kukkuruyuuuk….mereka semua bangun oleh suara Ayam jantan yang begitu merdu. Lathifah yuk jalan-jalan ajak Nisa kepada Lathifah. Okki-okki deh hihihi jawab Lathifah dengan tertawa. Setelah jalan-jalan anak-anak bermain-main.  Lalu mereka berkemas-kemas untuk pulang ke Wonosari. “Anak-anak kita akan segera pulang Bis sudah datang”perintah ustadz Hamzah. Anak-anak segera masuk ke Bis dengan berbaris. Di Bis anak-anak tertidur dengan nyenyaknya. Sesampainya di sekolah, Rizka berteriak”ini adalah pengalamanku yang paling menyenangkan”. “Wah iya!!! Teriak semua anak-anak”. Ustadz dan ustadzah yang mendengarnya pun tersenyum.

Ditulis oleh : Fathimah Az-Zahro’ Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari

Hikmah :

“Siapa yang tidak sayang pada manusia, maka tidak akan disayang oleh Allah.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Baihaqi, dan Bukhari)