Lambat atau cepat pemerintah Insya Allah akan menaikkan harga BBM .Bila pemerintah sudah menaikkan BBM maka mau tidak mau kita harus mengikuti kenaikan tersebut  dengan berbagai konsekwensinya.Harga-harga kebutuhan poko mengalami kenaikan, angkutan umum mengalami kenaikan dan seluruh produk yang dikeluarkan oleh pabrik yang menggunkan bahan bakar minyak ( BBM )

Di bawah ini beberapa kiat kita mengantisipasi kenaikan BBM agar walaupun penghasilan tidak naik tetapi perekonomian keluarga masih bisa berjalan sebagaimanan mestinya.

  1. Efisiensi menggunakan kendaraan bermotor baik mobil maupun sepedamotor.Bila memungkinkan kita  menggunakan sepeda motor maka tidak usah menggunakan mobi.Bila bisa ditempuh dengan jalan kaki atau sepeda onthel maka  tidak usah menggunakan  sepeda motor.
  2. Pergunakan satu sepeda motor untuk berua atau berboncengan atau bila menggunakan mobil  sebaiknya semua tempat duduk terpenuhi.
  3. Membudayakan naik sepeda onthel atau jalan kaki untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh sekaligus sambil berolahraga sehingga lebih menyehatkan badan kita.
  4. Untuk jalan yang datar dan ada sepeda listrik kita coba menggunkan sepeda listrik, dengan menggunkan sepeda listrik maka selain bebas polusi juga ketergantungan langsung terhadap BBM agak terkurangi.

Semoga sedikit kiat mengatasi kenaikan BBM di atas bisa membantu pembaca menekan tambahan anggaran pembelian BBM untuk sarana transportasi.

Hikmah:

“Dan sesungguhnya Allah benar-benar akan menolong orang-orang yang menolong agama-NYa( Al-Hajj:40)