Penyakit penyakit berat saat ini sungguh sangat banyak ragamnya, selain radang tenggorokan dan amandel untuk anak-anak,kanker ganas yang menyerang  manusia dari anak-anak sampai orang tua juga penyakit diabetes yang berkembang ke stroks dan gagal ginjal.

Bila jaman dahulu gagal ginjal hanya menyerang masyarakat setrata menengah ke atas tetapi saat ini gagal ginjal menyerang siapa saja tanpa pandang bulu baik ekonomi lemah amupun orang berpunya.

Salah satu penyebab berbagai penyakit tersebut adalah pola makan serta pola hidup seseorang  yang menjadi kebiasaan saat ini.Banyaknya makanan instan dengan bahan pengawet serta kandungan kimia yang tinggi menyebabkan beban yang harus diterima  anggota tubuh seperti lambung jantung, ginjal dan sebagainya menjadi sangat berat.

Dengan beratnya beban tubuh tersebut  maka tubuh ini perlu istirahat secara berkala agar beban kerjanya menjadi berkurang.Salahsatu usaha agar beban lambung dan sebagainya menjadi berkurang adalah dengan berpuasa secara berkala seprti puasa sunah Senin Kamis maupun puasa yang lain.

Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL  dan hal ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan ,perut selalu penuh dengan makanan menjadi penyebab beberapa  penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya

Puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi pengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat sehingga meberikan  pengaruh stumulatif bagi respon imunitas tubuh.

Nah dengan banyaknya manfaat puasa tersebut ,mari kita biasakan berpuasa sunah seperti Senin-Kamis dan sebagainya.Insya Allah dengan puasa sunah kita akan lebih sehat sampai usia tua.