Banyaknya makanan yang mengandung zat kimia dan pengawet yang berbahaya,serta semakin sedikitnya aktifitas kita setiap hari menjadi penyebab darah yang mengandung racun lebih besar yang harus dicuci dalam ginjal kita.Selain itu tingginya kolestrol dalam tubuh akibat makanan yang berminyak menyebabkan sebagian menyumbat pembuluh darah kita sehingga menghambat aliran darah dalam tubuh kita.

Dari kenyataan dan reatila tersebut maka bila kita ingin selalu sehat sampai usia tua harus mengantisipasinya dengan beberapa langkah antara lain :

1.Melakukan Bekam secara berkala ,dengan melakukan bekam secara berkala maka maka darah kotor yang ada di dalam tubuh kita akan keluar dari tubuh. Dengan keluarnya darah kotor maka beban ginjal akan lebih ringan sehingga diharapkan fungsi ginjal akan lebih lama.Lakukan Bekam sekitar 3 bulan sekali Insya Allah akan membantu menyehatkan tubuh kita.

2.Perbanyak minum air putih sebanyak mungkin: Air putih akan menetralisir racun yang ada di dalam tubuh kita khususnya yang berada di dalam pencernaan .Dengan banyaknya minum air putih maka racun-racun tersebut akan keluar bersama air seni kita,begitu juga buang air besar akan lebih lancar dan lebih mudah.Minumlah air putih sebelum tidur 3- 4 gelas dan pagi hari sebelum sarapan dengan 5-6 gelas serta dilanjutkan di siang hari .

3.Banyaklah beraktifitas fisik sehingga dengan beraktifitas secara maksimal maka akan banyak keringat kita yang keluar dari tubuh kita.Keringat yang keluar dari tubuh akan membawa racun dan zat-zat yang tidak berguna dari tubuh kita.

4.Sering melaksanakan ibadah puasa

Salah satu manfaat puasa selain merupakan ibadah sunah yang berpahala juga menjadi sarana meningkatkan kesehatan kita karena dengan puasa maka kerja lambung, gunjal dan organ tubuh lainnya menjadi berkurang dan lebih ringan,dengan lebih ringannya kerja organ tubuh tersebut maka kesehatan kita akan lebih meningkat.

Semoga dengan usaha tersebut membuat tubuh kita menjadi sehat sampai usia tua.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)