Hikmah :

Baginda Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam, menyampaikan , “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”

DEWAN EKSKUTIF MAHASISWA (DEMA) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PURWOKERTO berkembang menjadi Perguraun Tinggi yang memiliki tradisi membaca dan menulis, yang berbasis kepada agama dan kebudayaan, sedemikian bagus. Di perguruan tinggi ini bermunculan forum-forum diskusi, komunitas-komunitas kebudayaan, terbit majalah OBSESI yang bukan cuma bacaan internal kampus melainkan dibaca oleh masyarakat umum, tabloid POIN, Teater DIDIK, Radio, dan banyak kreativitas lain.

Lima tahun ini, DEWAN EKSKUTIF MAHASISWA (DEMA) menyelenggarakan lomba tingkat nasional, dengan maksud memberi ruang bagi kreativitas mahasiswa Indonesia umumnya sekaligus mahasiswa STAIN Purwokerto. Dari lomba ini diterbitkan buku puisi, buku cerpen, dan buku esai, yang kemudian menjadi barometer perkembangan tradisi keilmuan mahasiswa Indonesia umumnya dan STAIN Purwokerto khususnya.

Lomba Nasional dan buku ini menjadi “Jembatan” silaturrahmi intelektualitas di antara mahasiswa, ajang informasi, ajang kompetisi, “ajang jodoh”, saling belajar, menjadi lebur jarak antara Universitas “Besar” dan “Kecil”, “Terkenal” dan “Tidak Terkenal”, sebab yang dipertaruhkan dari awal dan akhirnya adalah KARYA.

Untuk itu, tahun ini DEWAN EKSKUTIF MAHASISWA (DEMA) membuka Lomba Cipta ESAI Karya Mahasiswa untuk Tingkat Nasional (Maksudnya boleh diikuti oleh siapa saja asal statusnya “Mahasiswa S-1), dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Tema lomba ESAI : “INDONESIA HARI ESOK!” (boleh memilih salah satu dari perspektif ini; agama/ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya);

2. Tiap ESAIS hanya boleh mengikutsertakan 1 ESAI terbaiknya;

3. Melampirkan scan Kartu Mahasiswa dan foto diri (close up);

4. Panjang ESAI 6-8 halaman;

5. Menyertakan biografi ESAIS maksimal 1 halaman (ada nama dan alamat lengkap perguruan tinggi tempat studi; ada e-mail; dan nomor HP yang bisa dihubungi ketika pengumuman lomba);

6. Ditulis dengan huruf times new roman, size 12;

7. Pengiriman ESAI dibuka dari Jumat 13 Januari 2012, dan ditutup pada Jumat 6 April 2012; ESAI diemailkan ke = obsesipress@gmail.com

Lomba Cipta ESAI Karya Mahasiswa untuk Tingkat Nasional ini akan memilih ESAI Juara 1-3 dan 27 ESAI nominasi, dan akan diterbitkan dalam wujud antologi ESAI yang dicetak eksklusif. ESAI Juara 1-3 akan mendapatkan hadiah:

Juara I: uang Rp 1.750.000+Sertifikat Juara I+5 eksemplar buku ESAI;

Juara II: uang Rp 1.500.000+Sertifikat Juara II+5 eksemplar buku ESAI;

Juara III: uang Rp 1.250.000+Sertifikat Juara III+5 eksemplar buku ESAI;

Dan para nominator mendapatkan 2 eksemplar buku ESAI.

(Hadiah tersebut akan diberikan dalam acara “Penghargaan Budaya DEWAN EKSKUTIF MAHASISWA (DEMA) STAIN Purwokerto 2012”, yang akan digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Rabu 2 Mei 2012).

Dewan Juri:

1. K.H. M. Nasruddin Anshoriy CH. — Budayawan, Penulis Berbagai Buku, Kolektor/Kurator Lukisan, Pengasuh Pesan Trend ILMU GIRI- Imogiri- Yogyakarta;

2. Dr. Ridwan, M.Ag. — Penulis Buku-buku Sosial Politik dan Keagamaan, Doktor Ilmu Hukum Islam, Dosen STAIN Purwokerto;

3. Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum. — Kritikus Sastra, Sastrawan;

4. Arif Hidayat, S.Pd., M.Hum. — Dosen-Tamu di STAIN Purwokerto, Tentor Sekolah Kepenulisan Penerbit STAIN Press, Sastrawan.

Wassalamualaikum wr wb.

Jumat 13 Januarai 2012,

Hormat Kami,

Dewam Ekskutif Mahasiswa (DEMA) STAIN Purwokerto,

Presiden,

Ttd.

ILHAMUDDIN

Hp. 085 7479 35 848/ 0852 9123 1169

sumber:

[dt:10053] [daarut-tauhiid]