Gb.Tanaman Markisa di Aas Teras Rumah

Pekarangan yang sempit seperti di perkotaan masih bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman yang menguntungkan bahkan menambah penghasilan keluarga.Salah satu contohnya adalah menanam buah Markisa di pekarangan kita .Tanaman Markisa tidak perlu memerlukan lahan yang luas bahkan di atas teras rumahpun bisa dibudidayakan tanaman ini.

Salah satu contoh budidaya tanaman markisa yang sudah dilakukan adalah pekarangan atau teras rumah bapak Sihono SPd ,seorang guru SMK Muhamamadiyah I Playen yang berdomisili di Sleman.Di atas  teras rumahnya beliau membudidayakan buah markisa. Tanaman yang di tanam di dekat teras rumahnya kemudian dirambatkan ke atas teras dan kemudian di buatkan anjang-anjang dari bambu untuk merambatnya tanaman markisa tersebut.Tanaman markisa merambat ke atas kemudian memenuhi memenuhi anjang-anjang bambu.Bila sudah masanya berbuah maka daun dan buahnya akan memenuhi anjang bambu tersebut.

Gb.Buah Markisa yang ranum di antara daun-daunya

Buah markisa yang sudah masak bisa dijual maupun dikonsumsi sendiri untuk minuman keluarga. Kandungan vitamin C nya yang tinggi akan menambah stamina dan ketahanan tubuh kita.

Silahkan mencoba memanfaatkan pekarangan kita yang sempit untuk budidaya markisa,selain menjadi perindang rumah juga menambah pendapatan keluarga dan kesehatan kita.

Hikmah:

Abdullah ibnu Mas’ud Ra berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdol?” Beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya.” Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari)