Masjid At-Taqwa Piyungan Bantul yang terletak di  jalan Yogya -Wonosari km 12,5 Payak ,Srimulyo Piyungan merupakan masjid yang perlu dicontoh oleh pengelola-pengelola masjid dimanapun berada.Selain bangunannya yang terlihat tertata dengan rapi dan bersih juga perlengkapan dan sarana masjid yang membuat jama’ah nyaman melaksanakan ibadah khususnya sholat wajib lima waktu.

Masjid yang terletak dijalan yang menghubungkan Yogya dengan Wonosari menjadi tumpuan para pengaljo atau kendaraan yang lewat.Sarana-sarana kenyamanan bagi jama’ah anatara lain tempat sepatu sandal yang dapat dikunci oleh penitipnya sendiri .Banyak masjid yang belum memikirkan sarana tempat sepatu sandal seperti ini sehingga selain membuat jama’ah kurang “tenang” selama melaksanakan sholat ,juga sering terjadi jama’ah yang numpang sholat kehilangan sepatu sandalnya.Dengan adanya kotak penitipan sepatu sandal yang dapat terkunci  tersebut maka jama’ah akan menjadi tenang dalam melaksanakan ibadahnya.

Sarana lain yang tidak kalah pentingnya adalah MCK yang bersih nyaman dan tidak terkunci.Sebelum melaksanakan ibadah Shalat kadang-kadang jama’ah mau buang air besar atau air kecil terlebih dahulu,maka dengan adanya MCK yang memadahi ini membuat kaum muslimin atau muslimat menjadi tenang dalam melaksanakan ibadah maupun melanjutkan perjalanan.

Masjid At-Taqwa Piyungan Bantul

Sarana yang lain adalah tempat parkir baik sepeda motor maupun mobil yang cukup membuat kaum muslimin yang ingin numpang sholat menjadi nyaman dan tenang karena kendaraannya terparkir di halaman masjid yang aman dan nyaman.

Papan pengumuman dan majalah dinding juga tersedia dan dipasang berita-berita yang up tudit sehingga sambil menunggu temannya yang sedang sholat atau kegiatan lain ,maka si penunggu tidak jenuh karena tanpa kesibukan.

Demikian salah satu masjid yang perlu menjadi percontohan bagi pengelola pengelola masjid dimanapun berada ,sehingga bisa ditiru dan dikembangkan di masjidnya.Semoga para pengelola masjid At-Taqwa Piyungan Bantul selalu mendapat kekuatan dari Allah SWT serta pahala yang berlipat ganda.Amien.

Sarana masjid At-Taqwa Piyungan Bantul silahkan baca

Di Sini

Hikmah:

 

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)