Gb.Daun-daunan kering

Sampah banyak berserakan ditengah-tengah kita, baik sampah daun-daunan maupun sampah sisa sayuran dan sisa makanan.Sampah daun-daunan banyak berserakan di sekitar kita dan kadang-kadang hanya dibakar atau hanyut terbawa banjir karena hujan dan sebagainya.
Dsisi lain harga pupun pabrik kadang-kadang menjadi barang langka serta harganyapu cenderung terus naik padahal pupuk pabrik tersebut selain mahal, langka juga kurang baik terhadap kandungan tanah bila dipakai terus menerus.
Untuk menanggulangi ketergantungan petani terhadap pupuk pabrik maka perlu digalakkan pembuatan dan  penggunaan pupuk organic dari bahan baku daun-daunan yang ada di sekitar kita.Selain bahan bakunya sangat murah , mudah didapat juga kandungan kimia dari pupuk organic tidak akan merusak hara dalam tanah.
Bila pembuatan pupuk organic masih belum memasyarakat maka bisa ditempuh dahulu dengan pembuatan kompos dari daun-daunan yang ada.Daun-daunan yang ada cukup ditanam dalam lubang yang dibuat kemudian ditimbun kembali maka daun-daun tersebut akan membusuk dan sekaligus menjadi kompos yang akan menyuburkan tanah.
Bila petani sudah terbiasa menggunakan sampah dari daun-daunan yang ada untuk pembuatan pupuk organic atau kompos maka Insya Allah tanah mereka akan bertambah subur tanpa ketergantungan dengan pupuk pabrik yang juga banyak kekurangannya selain harganya mahal tentunya.

Hikmah:
“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)