Gagal ginjal akhir akhir ini menjadi penyakit yang menggejala di kalangan masyarakat ,tidak memandang dari  desa maupun kota atau pejabat maupun rakyat biasa.Beberapa orang yang terkena gagal ginjal berasal dari petani,karyawan swasta ,tukang membuat minum di kantor,guru, mantan kepala sekolah ,pegawai dsb.Beberapa pasien  yang penulis kenal paling lama sekitar 3 tahun setelah diketahui gagal ginjal dan rutin melakukan cuci darah seminggu dua kali mereka  kemudian dipanggil Allah SWT,bahkan karena putus asa sehingga tidak mau cuci darah akhirnya tidak lama kemudian dipanggil Allah SWT.
Berdasarkan realita tersebut   penulis menyimpulkan penyakit gagal ginjal menjadi ancaman bagi segala lapisan masyarakat.
Beberapa penyebab yang melatarbelakangi penyakit gagal ginjal menurut analisa penulis antara lain :
1.Prosentase makanan yang kita makan sekarang sebagian besar mengandung  bahan pengawet yang menyebabkan ginjal menjadi lebih berat kerjanya.
2.Kemajuan  perkembangan teknologi menyebabkan aktifitas fisik manusia saat ini menjadi sangat berkurang.Berjalan kaki sudah diganti naik sepeda motor maupun mobil.Komunikasi dengan Handphone yang tinggal mengangkat tangan.Fasilitas lainnya sudah serba elektrik  .Hiburan juga tinggal kita duduk di depan televise maupun computer.
Dengan melihat beberapa penyebab dari gagal ginjal tersebut maka kita perlu mengantisipasi dengan beberapa antisipasi  antara lain:
1.Kurangi makanan –makanan yang banyak mengandung bahan pengawet ,bila memungkinkan lebih baik menghindarinya. Minuman  minuman penambah energy kita hindari sejauh mungkin.
2.Perbanyak minum air putih sehingga kerja ginjal menjadi lebih ringan .Target kita minum air putih 8 sampai 10 gelas minimal setiap harinya, bila memungkinkan sebanyak mungkin kita meminumnya.
3.Meningkatkan kerja fisik yang lebih banyak baik melalui olah raga maupun kerja fisik lainnya,Dengan kerja fisik yang banyak maka selain jantung akan bekerja dengan baik juga kita akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak sehingga kotoran –kotoran dalam darah bisa kita keluarkan .Selain itu karbohidrat akan terbakar menjadi tenaga karena kita melakukan kerja fisik.
4.Periksa kesehatan berkala secara teratur ke dokter. Guna pemeriksaan kesehatan terprogram adalah agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga.
6. Hindari stress
Stres akan menyebabkan  saraf simpatis  merangsang pengeluaran hormon adrenalin yang berlebuhan . Hormon ini dapat menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan menyebabkan penyempitan kapiler darah tepi.Hal ini berakibat terjadi peningkatan tekanan darah.
7. Banyak berdo’a kepada Allah SWT
Dengan banyak berdo’a kepada Allah SWT maka Insya Allah bila kita mendapatkan sesuatu yang tidak enak atau musibah aka ada tempat bersandarnya dan sekaligus tempat minta pertolongan kepada Allah SWT.
Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amien

Hikmah:
“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari)