Gb.Santri TPA mengikuti kegiatan di lokasi Goa Rancang

Untuk mengisi liburan sekolah setelah ulangan umum dan penerimaan raport serta menghilangkan kejenuhan maka pengasuh TPA Al-Huda Singkar II Wareng mengadakan heiking ke Goa Rancang Bleberan Playen.

Kegiatan heiking dilaksanakan pada hari Senin 26 Desember 2011 .Berangkat dari masjid Al-Huda sekitar jam 07.00 WIB dengan terlebih dahulu naik mobil engkel milik bapak Tukino.Peserta sekitar 55 orang baik santri maupun sebagian kecil orang tua yang ingin ikut heiking naik mobil sampai di desa Bleberan Playen.

Sesampai di Bleberan Playen santri TPA di bagi menjadi 6 regu dan memulai heiking dengan menempuh perjalanan sekitar 3 Km melewati satu POS. Di masing-masing Pos santri TPA diberi tugas oleh ustazd dan ustazdah yang harus di kumpulkan di Pos berikutnya.

Anak-anak santri TPA dari raut mukanya penuh dengan keceriaan baik saat naik mobil maupun sewaktu melakukan perjalanan jalan kakai sekitar 3 km tersebut.Sebelum masuk lokasi wakil rombongan menuju TPR untuk membayar retribusi masuk wisata goa Rancang dan Air Terjun Sri Gethuk dengan tariff dua ribu rupian perorang.

Sesampai di lokasi langsung diadakan apel oleh ustazd Syaiful dilanjutkan pengecekan.Setelah pengecekan peserta seluruh peserta heiking  turun ke dalam goa untuk menikmati pemandangan dan keindahan goa Rancang.Setelah puas menikmati indahnya stalaktit dan stalaknit seluruh peserta naik ke atas dan mencari tempat-tempat yang teduh dan asri untuk menikmati bekal yang dibawa dari rumah baik makanan maupun minuman.

Selesai menikmati makanan dan minuman dilanjutkan tugas dari Ustazd maupun ustazdah yaitu menggambar pemandangan Gua Rancang dan sekitarnya.Tugas menggambar dikumpulkan ke pembimbing untuk dinilai.
Kegiatan selanjutnya permainan yang dipandu oleh Ustazd Syaiful sampai menjelang sholat Dzuhur.Para santri TPA mengikuti permainan dari Ustazd Syaiful dengan riang dan gembira sehingga tidak terasa waktu sholat Dzuhur sudah masuk.Santri TPA antri mengambil air wudlu kemudian dengan membawa sajadah masuk ke dalam goa Rancang unatuk melaksanakan sholat Dzuhur dengan berjama’ah.

Sholat Dzuhur yang dilaksanakan di dalam goa merupakan pengalaman yang pertama bagi santri TPA Al-Huda maupun sebagian orang tua yang ikut kegiatan.

Selesai Sholat Dzuhur dilanjutkan mengemasi barang –barang milik santri untuk selanjutnya dilakukan penutupan  dan berjalan sampai depan TPR untuk kemudian dengan naik mobil puleng menuju masjid Al-Huda.

Perjalanan pulang dengan truk sekitar 30 menit dan alkhamdulillah atas pertolongan Allah SWT sampai masjid Al-Huda sekitar jam satu siang dengan selamat .

Hikmah :

“Barangsiapa yang meringankan langkahnya menuju Majelis Ilmu, maka
akan diringankan langkahnya oleh Alloh menuju Syurga” (HR. Imam Ahmad)