Gb.Buah durian yang banyk tumbuh di daerah Patuk

Tanaman coklat yang tumbuh dengan suburnya

Kecamatan Patuk Gunungkidul merupakan pintu gerbang masuk kabupaten Gunungkidul dari arah Yogyakarta. Dengan daerah yang berbukit-bukit dengan tanah berpasir dan tanah yang subur sangat cocok untuk tanaman buah-buahan.

Saat ini tanaman yang sudah berkembang dan terbukti menghasilkan buah yang baik adalah ,durian, rambutan maupun tanaman coklat.Hampir di setiap pekarangan terdapat tanaman buah rambutan.Penjualan hasilnya pun terdapat beberapa tempat yang menjadi sentra penjualan seperti di Pedhotan dan sepanjang jalan Wonosari -Yogya.

Tanaman  coklat pun sangat cocok untuk dikembangkan di daerah ini ,sehingga bisa dikembangkan menjadi komoditi agribisnis.

Wisata pendukung lainnya adalah wisata alam salah satu cotohnya  bukit Patuk yang bisa menjadi tempat menikmati pemadangan kota Yogyakarta di bawahnya.Wisata lainnya adalah Gunung NGlanggeran di desa NGlanggeran Patuk yang menjadi wisata petualangan naik gunung dengan ketinggian sekitar 300 m.

Dengan potensi wisata alam dan wisata agro buah-buahan ini maka bila dikembangkan dengan intensif maka InsyaAllah Patuk akan berkembang menjadi daerah  Wisata di Gunungkidul.

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari).