Gb.Pohon Bambu ORI

Berita tanah longsor banyak kita dengar dan lihat lewat televise di di Indonesia terutama pada musim penghujan .Rumah yang hancur bahkan banyak yang membawa korban jiwa baik luka maupun meninggal banyak dijumpai di beberapa daerah .

Salah satu penyebab tanah longsor tersebut adalah kondisi tanah yang berbukit-bukit dengan tanah yang gundul atau tanaman pencegah erosi yang kurang.

Dengan melihat salah satu penyebab tanah longsor tersebut maka perlu dicari alterative tanaman yang bisa menahan tanah yang ada dari pengaruh air hujan yang murah dan mudah didapat dan di tanam.Bambu Ori ( Pring Ori dalam bahasa Jawa ) merupakan salah satu tanaman yang mudah di dapat ,murah serta mudah tumbuh diberbagai kondisi tanah serta tahan terhadap kekurangan air di musim kemarau.

Bambu Ori yang tahan bertahun-tahun Insya Allah mampu menahan erosi tanah akibat air hujan maupun aliran air yang ada.Beberapa tempat di Gunungkidul banyak penulis lihat pring Ori yang tumbuh subur di musim kemarau dan walaupun berada di aliran sungai yang deras airnya ,jarang sekali bamboo Ori itu tumbang.

Kelebihan bambu Ori ini bisa dikembangkan di daerah-daerah yang kondisi kemiringan tanahnya menyebabkan sering terjadi tanah longsor. Penanamannya pun sangat mudah serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Selain sebagai penahan tanah longsor ,batang bamboo Ori juga bisa dipergunakan untuk bermacam-macam bahan bangunan baik Usuk,reng pembuatan mebel antic dari bambu dan sebagainya.Bahkan karena kekerasannya batang bambu yang sudah tua bisa dipakai sebagai rangka cor rumah setelah di rendam dalam air dalam kurun waktu tertentu.

Dengan melihat kelebihan bamboo Ori tersebut maka bagi daerah-daerah yang rawan longsor bisa mencoba menanggulanginya dengan penanaman bamboo jenis Ori sehingga Insya Allah selain mengurangi tanah longsor juga batangnya bisa untuk bahan bangunan.

Hikmah :

”Do’a yang diucapkan antara azan dan iqomat tidak ditolak (oleh Allah)”. (HR. Ahmad)