Gb.Silaturahmi dengan jama’ah haji

Bulan Muharom menjadi bulan silaturahmi ke jama’ah haji yang baru pulang dari tanah suci Mekah Al-Mukaromah.Silaturahmi yang menyenangkan semua pihak baik saudara yang mengunjungi jama’ah haji maupun bagi jama’ah haji itu sendiri.Bagi saudara yang mengunjungi menjadi sarana  untuk mendapatkan  pengalaman rohani dari jama’ah haji yang baru pulang dari tanah suci sekaligus mendapatkan oleh-oleh yang hamper dinantikan setiap muslim yaitu air Zam-Zam dan kurma serta kacang  Arab dan oleh-oleh lainnya.Bagi jama’ah yang dikunjungi atau yang baru pulang dari Tanah Suci bisa menyampaikan pengalaman rohaninya sehingga sedikit banyak bisa menambah ke-Imanan dari tamu yang bersilaturahmi tersebut.

Kerinduan setelah sekitar 40 hari berpisah disalurkan dengan silaturami setelah jama’ah haji tersebut kembali ke kampung halaman.Rasa rindu  bertemu kembali  membuat bincang-bincang dengan jama’ah haji yang baru pulang seakan tidak ada bosan-bosannya.Kita yang belum diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mengunjungi  Masjdil Harom bisa mendengarkan atau mendapatkan informasi tentang pengalaman saudara kita  selama di Tanah Suci.Pengalaman rohani lainnya yang mungkin di luar rasional manusia kadang kita dapatkan dari jama’ah haji yang kita kunjungi.

Sambl menikati oleh-oleh dari Tanah Suci seperti Zam-Zam, kurma  dan aneka snak local lainnya silaturahmi menjadi bagian yang menyenangkan bagi semuanya.Mari pumpung belum terlambat kita bersilaturahmi sebanyak-banyaknya dengan saudara-saudara yang baru pulang dari Tanah Suci  agar menambah dan merekatkan persaudaraan, menjadi asbab kita bisa mengunjungi anah Suci serta minta didoakan oleh jama’ah yang baru pulang dari Tanah Suci yang Insya Allah makbul doanya.

Hikmah :

Dari satu  ibadah Umrah ke  ibadah  umrah berikutnya  menghapuskan dosa yang terdapat diantara keduanya, sedang haji yang mabrur tiada ganjarannya kecuali surga. (HR. Bukhari dan Muslim)