Menurut pengalaman penulis menjenguk saudara-saudara yang sakit ternyata banyak mantan pejabat atau pensiunan yang diusia tuanya setelah pension berpenyakit berat.Kebanyakan dari yang saya jenguk adalah terkena penyakit setrook atau gejala setrok .Penyakit lainnya adalah gula dan gagal ginjal.

Tidak tahu persis saya mengapa mereka terkena  penderitaan semacam itu,tetapi menurut analisa penulis ,semasa menjabat kebanyakan dari yang saya kunjungi tersebut  memang banyak yang kerja dikantor ,lebih banyak duduk dan kurang gerak,Selain itu makanan-makanan bapak-bapak pejabat memang makanan yang lezat  yang banyak mengandung unsure kimia maupun kadar gula yang tinggi.Kurangnya gerak badan dan olah raga menyebabkan makanan –makanan yang sedikit banyak mengandung unsure yang merugikan badan tersebut menumpuk  dan menyebabkan berkembang menjadin penyakit seperti gula, penyumbatan pembuluh darah yang berakibat menjadi setrok dsb.

Makanan yang banyak mengandung unsure kimia juga mengakibatkan kerja ginjal menjadi  lebih berat sehingga berakibat  kea rah gagal ginjal.

Untuk itu bila pembaca yang budiman saat ini diamanahi menjadi pejabat  agar lebih hati-hati dan waspada dengan cara membatasi atau mengatur pola makan sehingga tidak setiap makanan yang lezat tidak langsung kita makan.Selain itu lakukan gerak badan atau olah raga agar racun yang menumpuk dalam badan kita terbakar atau terbuang lewat keringat.Lebih penting lagi jauhi  rezeki yang tidak halal sebab rezeki yang tidak halal akan menjadi penyakit bagi siapa yang memakannya.Bila ada kelebihan rezeki jangan lupa mengeluarkan sebagian rezeki yang kita dapat untuk membantu saudara-saudara kita yang masih sangat membutuhkan.

Semoga dengan usaha ini bagi pembaca yang saat ini menjadi pejabat  bisa tetap sehat diusia pension dan usia tua nantinya. Amien.

Hikmah :

Rasul SAW bersabda  : “ Obatilah penyakitmu dengan bersedekah “.