Dusun Singkil yang menjadi bagian desa Giring Paliyan Gunungkidul  terletak di bagian selatan Gunungkidul.Sebelum ada program Jalan Jalur Lintas Selatan dusun Singkil seperti dusun yang agak terisolir,karena untuk menuju balai desa harus melewati hutan Kalen Jero dengan jalan seperti kali asat ( sungai kering ).

Lain dulu lain sekarang dengan adanya proyek Jalan Jalur Lintas Selatan ( JJLS ) maka kondisi dusun Singkil menjadi dusun metropolitan karena jalur wisata dari dank e pantai Baron maupun pantai Kukup dan pantai pantai lainnya di selatan Gunungkidul melewati dusun ini.Jalan yang mulus dan lebar dengan pemandangan tebing-tebing gunung yang artistic maka para wisatawan akan senang melewati daerah ini.

Saat ini mobil-mobil pribadi .bus-bus wisata dan wisatawan yang bersepeda motor  banyak melewati daerah Singkil.menyebabkan potensi ekonomi akan berkembang di dusun ini seperti jualan bensin eceran,tambal ban jualan makanan dan minuman maupun oleh-oleh khas Gunungkidul.Di sekitar JJLS yang mendekati pantai Baron pun tidak menutup kemungkinan bisa dirikan penginapan-penginapan untuk wisatwan baik domestic maupun manca Negara.

Di Dusun Singkil sendiri ada SMPN 3 Paliyan yang menjadi lembaga pendidikan negeri setingkat SMP dari daerah-daeran sekitar Singkil,Planjan maupun Trowono dan sebagainya.

Demikian sekilas gambaran potensi dusun Singkil desa Giring Paliyan Gunungkidul yang menyimpan potensi tersendiri untuk dikembangkan lebih lanjut.

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari )