Gb.Salah satu jalan JJLS di Planjan jurusan Baron

Gb.Tebing cadas yang artistik

Pantai Baron dan Kukup serta pantai sekitarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya,Keindahannya serta gelombanglautnya yang menantang menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik domestic maupun mancanegara.Untuk hari-hari libur pantai tersebut dikunjungi ribuan wisatawan yang ingin refresing dan menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT.

Banyaknya pengunjung yang dating ke pantai tersebut menyebabkan salah satunya kepadatan arus lalu lintas khususnya dari Wonosari menuju pantai Baron menjadi sangat ramai.Padahal jalan raya dari Wonosari menuju pantai Baron selain sempit juga banyak kelokan dan tanjakan yang curam dan disekitarnya padat dengan perumahan penduduk.

Dengan dibukannya jalan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS ) maka menjadi salah satu alternative yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi wisatawan yang ada untuk menuju pantai Baron dan sekitarnya.Jalan baru yang dibangun tersebut walaupun belum semua ruas jalannya selesai tetapi sudah bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Ada dua alternative bagi pengunjung yang akan menuju pantai Baron lewat JJLS tersebut .Alternatif pertama dari Yogyakarta menuju Parangtritis kemudian belok ke Panggang dan dari Panggang menuju Panatai Baron lewat JJLS tersebut.Kesulitan lewat jalur ini pada jalan Yogyakarta menuju Parangtritis arus lalulintasnya sangat padat sehingga pengemudi harus ekstra hati-hati.

Alternatif yang kedua lewat jalan Yogyakarta –Wonosari dengan melewati Piyungan dan Bukit Patuk yang berpanorama sangat indah.Sebelum masuk Wonosari tepatnya dipertigaan setelah Lapangan Udara Gading kita belok ke kanan menuju kecamatan Playen kemudian kecamatan Paliyan dan jurusan Trowono.

Jalan antara Paliyan menuju Trowono kita sudah bisa disuguhi pemandangan alam yang luas dan indah selain hutan wisata dan cagar alam di Sodong Karang Asem .Dari Trowono kita belok ke kiri melewati kelurahan Monggol dan setelah kelurahan Monggol menuju pantai sudah tersedia jalan yang mulus dan luas antar propinsi.Selain  mulus dan luas juga pemandangan disekitarnya terutama gunung –gunung yang baru saja di papras tebingnya menjadikan vitamin bagi mata yang melihatnya karena tebing-tebingnya yang indah.

Dari Monggol  ,setelah sampai di dusun Singkil kita belok ke Kanan menuju desa Planjan dan pantai Baron.Selain jalannya yang luas juga masih melewati area pegunungan yang sepi dari pemukiman sehingga kita bisa leluasa mengendarai kendaraan sambil menikmati keindahan alam disekitarnya.

Sebelum masuk pantai Baron  kita diwajibkan membayar restribusi masuk dilokasi yang nyaman.
Bagi wisatawan yang ingin menuju pantai Baron Gunungkidul tulisan ini menjadi alternative ,agar tidak terjebak kemacetan terutama di hari libur  dan juga bisa nyaman menikmati keindahan alam yang sangat indah baik sebelum masuk Baron maupun kepulangannya terutama disekitar JJLS tersebut.

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari