Gb.Pengaman kendaraan yang rem nya blong di Sambeng Ngawen Gunungkidul

Banyak jalan –jalan yang curan dan terjal di Gunungkidul yang rawan kecelakaan bagi pengguna jalan tersebut.Beberapa jalan yang terjal dan curam banyak terdapat di Gunungkidul antara lain jalan Yogyakarta –Wonosari khususnya tanjakan dari Piyungan Bantul menuju Patuk Gunungkidul,jalan dari kecamatan  Gedangsari baik menuju Watugajah maupun menuju Kalten Jawa Tengah,jalan dari Cawas Klaten menuju Gunungkidul khususnya di Sambeng Ngawen dan masih banyak di beberapa tempat di Gunungkidul.

Jalan curam dan terjal akan sangat membahayakan bagi kendaraan yang melewatinya apalagi bagi kendaraan yang karena sesuatu hal terjadi remnya tidak bisa berfungsi dengan baik.Bila hal ini terjadi dimana ada kendaraan yang remnya tidak berfungsi maka selain membahayakan pengendara dan penumpangnya juga membahayakan bagi pengguna jalan yang lain karena bisa tertabrak kendaraan yang remnya blong tersebut.

Dengan melihat kemungkinan tersebut maka sebaiknya di lokasi –lokasi jalan tersebut perlu diberi jalan atau lokasi pengaman agar bila ada kendaraan yang remnya blong bisa ada lokasi untuk menghentikan kendaraanya,atau minimal menghindarai dari tabrakan atau menabrak kendaraan lain.

Salah satu lokasi yang sudah terdapat pengaman tersebut adalah di jalan tanjakan Sambeng Ngawen Gunungkidul Yogyakarta.Bila kita menuju Cawas Klaten dari Gunungkidul dengan melewati Sambeng pada jalan yang ,menurun curam maka di sebelah kiri jalan yang curam tersebut terdapat lokasi untuk membelokkan dan mengehentikan kendaraan yang remnya bermasalah.Dengan adanya lokasi untuk menghentikan atau membelokkan kendaraan yang remnya tidak berfungsi tersebut maka selain mengurangi korban jiwa baik pengendara atau penumpangnya juga pengguna jalan yang lain yang berlawanan arah tidak menjadi korban tertabrak .

Semoga pihak yang berwenang di berbagai lokasi yang lain dimana terdapat jalan yang suram dan terjal bisa mengembangkan jalam pengaman seperti di daerah Sambeng NGawen Gunungkidul tersebut.

Hikmah:

“Umatku akan tampil pada hari kiamat dengan wajah bersinar, tangan serta kakinya berkilauan dari bekas-bekas wudhu.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim)