Gb.salah satu bukit yang sudah gundhul di Sumberwungu Tepus Gunungkidul

Gb.salah satu pabrik pengolahan batu kapur di Sumberwungu Tepus Gunungkidul

Gunungkidul bagian Timur Selatan merupakan pegunungan seribu yang berbatu-batu.Ribuan bukit tersebut menjadi kekayaan alam tersendiri bagi rakyat dan pemerintah Gunungkidul.Batu kapur yang jumlahnya sangat banyak menjadi bahan material baik bangunan maupun tambang yang diolah menjadi bahan-bahan alat rumah tangga, bahan kosmetik, pasta gigi dan sebagainya.
Saat ini sudah banyak pabrk-pabrik pengolahan batu tersebut di Gunungkidul baik di daerah Industri seperti Semanu ,Baran Rongkop maupun Tepus .Dengan banyaknya industry pengolahan batu tersebut disatu sisi menambah lapangan kerja bagi penduduk, menambah pendapatan penduduk maupun pemerintah baik tingkat kalurahan sampai kabupaten.
Disisi lain penambangan yang tidak terkontrol menjadikan bukit tersebut menjadi gundhul dan sulit untuk ditanami lagi yang akibatnya air hujan sulit meresap ke dalam tanah sehingga cadangan air tanah menjadi berkurang.
Salah satu lokasi yang terdapat pabrik pengolahan batu tersebut adalah kalurahan Sumberwungu Tepus.Di kalurahan tersebut berdiri industry pengolahan batu kapur .Tetapi efek negative dari industry tersebut bisa dilihat beberapa bukit menjadi gundhul sama sekali .Hal ini bila tidak direnovasi dan penannaman kembali bukit tersebut menjadi bukit yang tandus sama sekali.Akibatnya seperti tersebut di atas bisa terjadi.
Pemerintah baik tingkat kalurahan kecamatan maupun kabupaten perlu turun tangan agar kerusakan bukit tersebut tidak semakin parah .Beban penanaman kembali bisa dibebankan kepada penambang ,maupun pemilik pabrik.Penambang diberi kewajiban menghijaukan kemabi sedangkan pemilik pabri diberi kewajiban menyisishkan keuntugannya untuk program perbaikan kembali bukityang rusak tersebut.
Demikian sekilas potensi batu kapur di Gunungkidul yangtetap perlu dilestarikan dan juga perlu diantisipasi terhadap kerusakan yang semakin parah sehingga kita masih bia menurunkan kekayaa alam tersebut ke anak cucu kita.

Hikmah :

Apa yg menimpa  seorang muslim dari PENYAKIT, KESUSAHAN, KESEDIHAN, GANGGUAN dan KESEMPITAN sampai duri yg menusuknya, maka Allah akan mngampuni karenanya, dosa-dosanya.( HR Bukhori ,Muslim ,Tirmidzi ]