Bagi bapak ibu yang mempunyai anak usia SLTA maupun SLTP agar lebih waspada terhadap perkembangan anak-anaknya agar tidak mudah terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan dansex bebas.Usia SLTP kelas 3 dan usia anak SLTA merupakan usia puber yang sudah sangat tertarik dengan lawan jenisnya.

Walaupun di sekolah sudah diajarkan materi agama tetapi karena jumlah jam untuk materi agama tesebut sangat minim hanya 2 jam perminggu atau 7 jam perminggu untuk sekolah sekolah Muhammadiyah tetapi karena tarikan libido yang sangat dahsyat karena dorongan film porno baik lewat Televisi maupun HP ditambah kontrol masyarakat yang semakin rendah maka kesempatanuntuk melakukan sex bebas bersama lawan jenisnya sangat mungkin terjadi.Ditambah lagi kebijakan pemerintah yang tidak mendukung terhadap dunia pendidikan seperti tersedianya alat konstrasepsi baik  kondom maupun pil di supermarker-supermarket menjadi daya tarik tersendiri bagi remaja atau pelajar yang tdak kuat Imannya.

Kesibukan orang tua yang bekerja sampai sore juga menjadi pemicu maraknya sex bebas dikarenakan kesempatan mengontrol anak-anaknya sudah mulai terabaikan.Pelajar usia SLTP dan SLTA yang pulang jam sekolah jam 13.30 WIB maka merekatidak akan langsung pulang ke rumah bila orangtuanya tidak mengontrol.Mereka dengan teman lawan jenisnya kan menghabiskan waktu sampai jam 16.00 WIB dengan pergi ke suatu tempat yang mereka sukai sehingga tidak menutup kemungkinan melakukan sex bebas dtemapt-tempat tersebut.

Sudah banyak yang karena kecanduan maka akhirnya mereka menjadi hamil serta menghamili dan terpaksa harus keluar dari sekolah walaupun belum lulus SLTP maupun SLTA.Yang tidak terdeteksipun tidak kalah besarnya,karena biasanya hal seperti tersebut seperti gunung es,yang kelihatan sedikit tetapu ternyata yang tidak keihatan jumlahnya sangat besar.

Untuk itu agar ptra -putri bapak ibu tidak tersert ke lembah lemaksiatan dan sex bebas yang akhirnya harus keluar sekolah karena hamil maupun menghamili mari kita cermati dan kita pantau kegiatan anak-anak kita dengan sebaikbaiknya.Dan Yang tidak kalah pentingnya adalah bekal agama yangkuat sehingga merekan punya pertahanan diri yang kuat menghadapi banjirnta gempuran godaan Syaitan disekitarnya.

Hikmah :
Apabila perzinaan dan riba telah melanda suatu negeri maka mereka (penghuninya) sudah menghalalkan atas mereka sendiri siksaan Allah. (HR. Ath-Thabrani dan Al Hakim)