Gb.Salah satu petani membawa hasil tanaman petai dari ladangnya

Kalurahan Sumberwungu yang merupakan daerah pinggiran selatan Gunungkidul merupakan daerah pegunungan yang kering di musim kemarau dan langganan kekuarangan air.

Walaupun kondisi geografis tidak menguntungkan tetapi ternyata mempunyai potensi yang tersembunyi yaitu tanaman keras yang berupa Petai.Petai yang tumbuh baik di tanah-tanah kering dan dipinggir ladang menjadi cadangan penghasilan bagi warga Sumberwungu Tepus Gunungkidul.
Saat ini sebagaian petan yang mebudidayakan tanaman petai sudah bisa memetik hasilnya untuk menambah penghasilan keluarga.Sebagian penduduk baik siang maupun sore hari pulang dari ladang dengan membawa petai baik dipikul maupun di gendhong untuk ibu-ibu.
Hasil panennyapun tidak kesulitan untuk memasarkannya sebab para pedagang sayur siap menerima petai tersebut untuk dijual ke pasar-pasar baik di Tepus maupun di Wonosai.
Demikian sekilas tentang panen Petai di kalurahan Sumberwungu Tepus Gunungkidul,semoga menjadi inspirasi masyarakat Gunungkidul untuk membudidayakan petai sehingga bisa menambah pengahsilan keluarga dan meningkatkan ekonomi warga khususnya di Sumebr wungu Tepus dan Gunungkidul pada umumnya.

Hikmah :

Rasulullah saw bersabda, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).