Gb.Salah satu panorama di Candi Gedongsongo Bandungan Semarang Jawa Tengah

Salahsatu tempat rekreasi di Jawa Tengah yang menggabungkan antara kekayaan cagar budaya dengan keindahan alam adalah Candi Gedongsongo .Candi Gedongsongo yang terletak di desa Bandungan kecamatan Bandungan Semarang Jawa Tengah bila ditempuh dari arah Yogyakarta melewati jalan Yogya-Semarang dengan jarak tempuh sekitar 3 jam.Dari Arah Yogyakarta menuju Magelang-Temanggung dan Ambarawa.Dari jalan raya Ambarowo belok ke kiri melewati jalan aspal yang mulai menanjak.Sesampai di pasar Bandungan belok ke kiri sekitar 3 km dengan jalan yang agak sempit dan tanjakan yang cukup terjal.Bila berkendaraan dengan bus 1 km sebelum masuk lokasi sudah ada tempat parker sendiri bila diperkirakan busnya tidak kuat sampai di lokasi masuk.Untuk mobil-mobil kecil atau sepeda motor bisa sampai di atas tepatnya di depan pintu masuk.
Bila dari arah Semarang maka kita melewati jalan Raya Semarang-Yogyakarta dan sebelum masuk kota Ammarowo belok ke kanan menuju kecamatan Bandungan.
Sebelum masuk lokasi kita membeli karcis di loket dengan harga Rp 5.000 perorang ( pada bulan Oktober 2011 ).Di dalam pintu masuk kita akan disambut lokasi taman serta arena melepas lelah sambil menikmati makanan dan minuman .Ada sebuah aula dan musholla yang bisa dipakai untuk istirahat dan sholat setelah perjalanan jauh.
Perjalanan ke lokasi Candi Gedongsongo I akan disambut oleh jasa penyewa kuda dengan tarif Rp 50.000 perorang persekali berputar dari Candi Gedongsongo I sampai candi Gedongsongo IX.Bila cukup tenaga kita bisa berjalan menuju Candi Gedongsongo I sampai IX dengan jalan setapak yang menanjak sekitar 3 km. Sesampai di Candi Gedongsongo III dibawahnya ada pemandian air panas yang bisa kita nikmati untuk melepas lelah setelah perjalanan tersebut.
Selain itu kita juga bisa uji nyali dengan menikmati permainan tali Flaying Fox sepanjang kurang lebih 95 meter dengan tariff Rp 10.000 perorang.
Dari sekitar Candi Gedongsongo III kita bisa menikmati pemandangan dibawah dengan indahnya ,desa-desa dan areal persawahan yang terbentang luas.Sambil menikmati pemandangan disekitarnya kita bisa dudk santai dan sudah tersedia jasa sewa tikar yang bisa kita pakai untuk alas duduk.
Perjalanan dari Candi Gedongsongo III ke candi Gedongsonggo IV – IX melewati lembah dan pegunungan di depan kita yang sangat menawan dan menarik untuk kita nikmati.
Bila kita ingin menginapun bersama teman atau keluarga sudah tersedia penginapan di atas Candi Gedongsongo I dan persis disampingnya sudah berjejer warung makan dengan bentuk bangunan yang artistik seta harga makanan dan minuman yang terjangkau.
Demikian sekilas tempat rekreasi Gedongsongo di Bandungan Semarang semoga menjadi sarana rekreasi keluarga sampil menikmati peninggalan sejarah serta pemandangan alam yang sangat indah ciptaan Allah SWT.

Hikmah :

Rasulullah saw bersabda, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).