Gb.Pohon beringin di Siraman Wonosari gunungkidul

Kekurangan air di Gunungkidul menjadi langganan setiap tahun untuk beberapa tempat.Penyebabnya selain kondisitanah berbatuan dan tanah yang tidak bisa menahan air tanah yang maksimal juga kadang-kadang tanahnya sudah gundhul tanpa reboisasi.
Salah satu cara yang mungkin bisa untuk mengantisipasi agar air tanah bisa awt serta air hujan tidak menyebabkan erosi adalah dengan penanaman reboisasi di aliran-aliran sungai atau telaga yang ada.
Pohon beringin sebagai salah satu pohon yang bisa bertahan sampai ratusan tahun bisa dipakai untuk tanaman dialiran –aliran sungai yang ada.
Salah satu bukti yang bisa kita lihat aliran sungai yang di dusun Besari Siraman Wonosari.Di salah satu sungai yang mengalir lewat desa Siraman ada satu tempat yang disampingnya tumbuh pohon beringin yang sangat lebat baik daunnya maupun akar gantungnya.Ternyata di bawah pohon beringin tersebut air sungai yang tergenang lebih aet dibandingkan di aliran sungai yang lain yang tidak ada pohon beringinnya.
Hal ini bisa menjadi bahan percobaan dan percontohan agar setiap jengkal tanah yang ada di aliran sungai untuk ditanamai pohon beringin .Dengan semakin banyaknya pohon beringin disetiap aliran sungai maka cadangan air sungai tersebut bisa tetap diandalkan dan mungkin malah bisa timbul sumber air disekitarnya.
Mari perbanyak Tanami daerah aliran sungai di Gunungkidul dengan pohon beringin untuk mencegah erosi dan menambah cadangan air tanah yang ada.

Hikmah :

Rasulullah saw bersabda, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).