Gb.Tanaman yang disirami dengan air bekas wudlu

Air bekas wudlu bagi kebanyakan masjid belum banyak dimanfaatkan,sehingga hanya terbuang percuma.Padahal bila air bekas wudlu tersebut ditampung dalam bak penampungan maka airnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.
Salah satu masjid yang sudah memanfaatkan air bekas wudlu tersebut adalah masjid SMK Muhammadiyah I Playen .Air bekas wudlu siswa khususnya untuk sholat Dzhur dan A’sar dialirkan ke penampungan dan sekaligus untuk peresapan di musim penghujan.Ternyata air tersebut banyak berguna khususnya di musim kemarau.
Penggunaannya yang sudah bisa dilaksanakan saat ini untuk menyirami tanaman maupun menyirami lapangan volly agar tidak berdebu.Tanah yang kering menyebabkan tanaman layu dan mati pada musim kemarau dan dengan adanya air bekas wudlu tersebut maka tanaman bisa diairi dengan air tampungan tersebut.
Bila harus membeli satu tanki berisi 5.000 liter harganya Rp 60.000 ,satu tempat penampungan bisa menampung 15.000 liter senilai 3 tanki air .Hal ini berarti bisa menghemat Rp 180.000 setiap bulannya.
Pengalaman ini menjadi motivasi bagi para pengurus masjid untuk memanfaatkan air bekas wudlu semaksimal mungkin sehingga bisa lebih bermanfaat untuk lingkungannya.

Hikmah :

Rasulullah saw bersabda, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).