Pemberangkatan ibadah haji tahun 2011 di Gunungkidul yang dilakasanakan pada hari Kamis 13 Oktober 2011 membawa berkah tersendiri bagi banyak orang.

Kegiatan pengajian pamitan haji yang biasa dilaksanakan oleh keluarga maupun pemerintah desa sudah menjadi lading menjemput rezeki bagi penjual dus makanan dan minuman belum lagi persewaan sound system ,kursi dan perelngkapannya.Pembuat makanan kemasan baik snak maupun nasi box juga kebagian rezeki.

Pemebearangkatan ke asrama haji dan ke Tanah Suci Mekah Al-Mukharomahpun membawa berkah tersendiri tidak hanya penjual dus serta snak dan makanan tetapi juga pengusaha angkutan, penjual makanan dan minuman di lapangan Pemda Gunungkidul, penjual mainan dan lain sebagainya.

Silaturahmi antar komponen masyarakat juga terjadi secara alami karena pertemuan di lokasi pemberangkatan ibadah haji.Teman atau kenalan aktifis pengajian dan agama yang lama tidak bertemu secara tidak langsung akan terjadi dilokasi pemberangkatan calon jama’ah haji.

Betul-betul janji Allah menjadi bukti kita bersama bila kita melaksanakan perintah Allah seperti Ibadah Haji saat ini maka Allah akan menolong kita dan mendatangkan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Hikmah :

Rasulullah saw bersabda, “Haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga” (HR. Bukhari dan Muslim).