Gb.Pohon beringin yang diberi makanan

Selain makanan juga pagar dari kayu disekitarnya,mungkin biar tidak lari

Salah satu pohon beringin di dusun Dengok Pacarejo Semanu Gunungkidul ada satu pohn beringin yang dikasih makanan manusi.Pohon beringin yang berada di sebelah utara jalan sekaligus jembatan tersebut diberi pagar dan di atas pagarnya tergantung beberapa tempat makanan yang terbuat dari  daun kelapa.

Saya tidak tahu persis latarbelakang mengapa pohon beringin tersebut diberi maknan manusia sebab perisiwa tersebut saya temui sewaktu pulang dari ta’ziah di dusun Dengok.Karena penasaran mobil yang saya tumpangi tak susuh berhenti kemudian saya mengambil gambarnya.Tidak ada orang disekitarnya sehingga rasa penasaran saya tidak bisa saya tanyakan kepada penduduk disekitarnya.

Apakah pohon beringin tersebut setiap hari tertentu memakan nasi dan sebagainya sehingga setiap hari tertentu harus disediakan makanan nasi dan laukpauknya atau ada alas an yang lain ,yang lebih tahu adalah orang yang menyediakan makanan pada pohon beringin tersebut.

Pagar dari bambu  juga mengitari pohon beringin tersebut,mungkin bila tidak dipagari phon beringin itu akan jalan-jalan mencari makanan disekitarnya sehingga untuk menanggulanginya terpaksa diberi pagar.

Kejadian aneh tersebut yang lebih tahu adalah orang-orang yang menyediakan makanan dan lauk pauk lainnya begitu juga orang yang memasang pagar disekitarnya.

Hikmah:

“Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya”. (HR. Bukhari).