Gb.Jama'ah ibu-ibu sampai halaman masjid

Pengajian BAMUSTAKMAS desa Wareng putaran bulan Oktober 2011 bertempat di masjid Al-Huda Singkar II.Persiapan-pesriapan dilakukan oleh jama’ah masjid Al-Huda sejak satu minggu sebelumnya dengan musyawarah takmir masjid dengan tokoh masyarakat masjid AL-Huda .Konsumsi dan sebagainya dimusyawarahkan dan langsung dengan sukarela para jama’ah yang hadir saling bahu membahu mengumpulkan infaq baik berupa uang atau minuman mineral ,teh manis maupun teh pahit sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Pembuatan snak disepakati di rumah mbah Prapto Tumijan yang rumah.Sejak pagi ibu-ibu sudah berkumpul di rumah  mbah Prapto Tumijan untuk memasak dan mempersiapkan minum dan snak yang akan di pakai untuk menjamu jama’ah pengajian di sore dan malam harinya.Sekitar jam setengah empat sore persiapan pembuatan snak selesai tinggal menyajikan di dekat masjid untuk diberikan pada jama’ah undangan yang mengikuti pengajian.

Persiapan tempat dilaksanakan setelah sholat  A’sar baik penataan karpet ,mimbar sound system dan sebagainya.Sebagian remaja masjid ada yang mempersiapkan meja untuk tempat snak begitu juga kotak infaq yang akan dipasang di lokasi masjid yang ada.

Sehabis sholat Maghrib dilanjutkan persiapan lainnya termasuk air teh  baik manis maupun pahit untuk sebagian jama’ah yang ada. Mbah Suratin mas Paimin aktif membantu menata lokasi dan persiapan tempat lainya.Jama’ah pengajian dari masjid-masjid yang ada di desa Wareng mulai berdatangan setelah sholat Isyak.Among tamu baik bapak-bapak maupun ibu-ibu sudah siap stadby ditempatnya masing-masing.Remaja masjid mulai membagikan snak kepada stiap jama’ah yang hadir.

Perkiraan jama’ah dari luar yang dipredikisi sekitar tiga ratus orang saja melesat ternyata persediaan dus snak sebesar tigaratus limapuluh buah sudah habis terbagi tetapi jama’ah masih tersu berdatangan dari berbagai penjuru masjid terpaksa dengan berbagai cara ibu-ibu mencari snak lagi sehingga mencapai lmaratus buah.Alkhamdulillah walaupun  snak harus kesana kemari untuk menambah tetapi jama’ah pengajian yang hadir diluar dugaan sekitar limaratus orang.

Sekitar jam delapan pengajian dimulai dengan terlebih dahulu diisi beberapa pengumuman dari ketua BAMUSTAKMAS desa Wareng bapak Sumanto tentang rencana pembuatan kantor di lokasi masjid Nurul Iman Wareng.Tadarus Al-Qur’an selanjutnya dipimpin oleh bapak Pujimansam sampai bapak Solihin SPd MA hadir.

Sekitar jam 20.45 WIB pengajian inti di mulai ,dengan penyampaiannya yang menarik dan komunikatif Ustazd Sholihin menguraikan materi memepersiapkan rangkaian ibadah di bulan Dzulhijah .Selain itu juga diselingi do’a-doa yang utama dibaca bila kita menghantarkan calon jama’ah ibadah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Sekitar jam 21.45 WIB pengajian selesai ,dan setelah ditutup masing-masing jama’ah kembali ke rumah masing-masing.

Demikian sekilas kegiatan pengajian BAMUSTAKMAS desa Wareng putaran bulan Oktober 2011 semoga menjadi salah satu menghidupkan gerakan dakwah di desa Wareng khususnya dan Gunungkidul pada umumnya.

Hikmah:

Hadis riwayat Abu Hurairah ra: Orang yang membiayai para janda dan orang miskin itu bagaikan seorang pejuang di jalan Allah. Aku mengira beliau menambahkan: Dan bagaikan orang yang selalu menjalankan salat malam tanpa henti atau bagaikan orang yang selalu berpuasa tanpa berbuka. (Shahih Muslim )