Gb.Lokasi Sumber air di dusun Banyunibo Watugajah Gedangsari

Gb.Sumber air yang ada di aas bukit,air keluar dari sisi-sisi sumur

Daerah kecamatan Gedangsari kabupaten Gunungkidul merupakan daerah pegunungan yang berbatasan dengan kabupaten Klaten Jawa Tengah.Daerah yang terletah di atas perbukitan seribu tersebut di musim kemarau seperti bulan Oktober 2011 ini air merupakan kebutuhan fital yang tidak bisa ditinggalkan baik oleh manusia ,hewan maupun tumbuhan.

Alkhamdulillah di daerah pegunungan yang jalannya terjal dan curam tersebut Allah menurunkan salah satu anugrah rizki kepada warga dusun Banyunibo Watugajah berupa sumber air yang walaupun musim kemarau panjang tetapi airnya tidak kering.

Ada dua sumber air di dusun tersebut dan semuanya terletak di atas bukit yang tinggi.Secara umum sumber air terletak di bawah baik pegunungan atau tanah yang rata ,tetapi dua sumber air di dusun tersebut terletak justru di atas bukit yang sangat tinggi .Sumber air yang terletak di atas bukit tersebut otomatis memudahkan masyarakat di sekitarnya sebab tanpa harus jalan kaki menanjak dan dengan peralatan selang ,maka air tersebut sudah akan mengalir ke rumah-rumah penduduk.

Sewaktu penulis melihat sumber air yang baian bawah terlihat air mengalir dari celah-celah dinding batu sumur yang dibuat oleh penduduk sekitar.Sebelum penulis melihat dari dekat terlihat seorang penduduk mengambil air dari sumber air tersebu untuk mencuci dan juga  membawa airnya untuk dibawa pulang.

Sumber air di dusun Banyunibo menjadi salah satu bukti akan kemurahan Allah SWT ,sebab di musim kemarau yang panjang serta di pegunungan yang tinggi terdapa sumber air yang letaknya di atas bukit pula,Semoga menjadi sarana penduduk sekitarnya untuk bisa mensyukurinya dan melaksanakan apa yang diperintahkan-NYA .

Hikmah:

Hadis riwayat Abu Hurairah ra: Orang yang membiayai para janda dan orang miskin itu bagaikan seorang pejuang di jalan Allah. Aku mengira beliau menambahkan: Dan bagaikan orang yang selalu menjalankan salat malam tanpa henti atau bagaikan orang yang selalu berpuasa tanpa berbuka. (Shahih Muslim )