Berbagai cara dilakukan oleh anak didik agar bisa mengelabuhi sekolah ,orangtua maupun instansi kesehatan yang terkait.Dengan berbagai cara dilakukan agar siswa bisa terbebas dari kewajiban masuk sekolah,serta tidak mudah terdeteksi oleh  sekolah maupun orang tua sehingga bisa bebas melakukan aktifitas sesuai dengan keinginannya segi ke  tempat hiburan, santai di tempat-tempat umum dan sebagainya.

Seperti yang terjadi di suatu sekolah ,ada beberapa surat ijin dokter baik dari puskesmas maupun dari dokter ternyata setelah ditelusur ke PUskesmas yang bersangkutan,petugas tidak merasa menandatangani surat ijin dokter tersebut,begitu juga di tempat yang lain.

Setelah dicek dan kroscek ke siswa yang bersangkutan blanko yang pernah didapatkan kemudian discan ulang kemudian dipakai untuk membuat surat ijin palsu.

Semoga kejadian ini menjadi perhatian bagi para orangtua,sekolah maupun lembaga dan instansi yang mengeluarkan surat ijin kesehatan ,begitu juga agar tidak mudah mengeluarkan blanko surat ijin untuk pelajar yang meminta surat tersebut.