Bagi para penderita penyakit strok  yang mungkin sudah sembuh kembali atau dalam proses penyembuhan dan sudah mulai beraktifitas kembali maka pengalaman dari beberapa orang yang penulis kenal bisa menjadi pertimangan.Dari beberapa pengamatan penulis tersebut banyak yang sudah sembuh tetapi kemudian penyakitnya kambuh lagi karena jatuh.Dari tempat jatuh si penderita strok paling banyak jatuh di kamar mandi.

Dari ceritera beberapa orang yang pernah mengenal langsung penderita strok,mereka menyebutkan bahwa sebagian penyebabnya juga jatuh di kamar mandi.Untuk itu bagi para penedrita strok yang sudah sembuh agar dihindari beberapa hal yang ada hubungannya aktiftas di kamar mandi:

  1. Bila kamar mandi dari keramik dan licin sebaiknya diberi keset dari karet sehingga lantai kamar mandi tidak licin.
  2. Bila bangun tidur dan ingin beraktifitas ke kamar mandi baik buang air besar maupun kecil ,agar ditahan terlbih dahulu 5- 10 menit sehingga kesadaran dari aktifitas tidur betul-betul sudah pulih.Pemulihan kesadaran tersebut bisa dengan menggerak-gerakkan badan atau jalan-jalan di kamar tidur.Bila terasa sudah betul-betul pulih kesadarannya baru ke kamar mandi.
  3. Buatkan konstruksi kusus kamar mandi penderita strok ,dengan cara menambah pegangan tangan sehingga bisa dipakai untuk pegangan bila beraktifitas.

Demikian sekilas urun rembuk tentang kambuhnya penyakit strok yang banyak terjadi di lingkungan kita berdasarkan pengamatan dan informasi dari orang-orang yang mengenal langsung para penderita strok.Semoga ada manfaatnya.