TPA ( Tempat Pembuangan Akhir ) Sampah di kota kota besar apalagi ibukota sangat sarat dengan berbagai masalah terutama tempat yang selalu kurang dari yang dibutuhkan. Tempat TPA belum seimbang dengan banyaknya sampah yang menumpuk setiap hari,begitu juga pengolahan sampah belum bisa maksimal sampai saat ini sehingga masalah sampah selalu menjadi kendala di kota -kota besar untuk setiap tahunnya.

Yang belum mendapatkan perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah sampai saat ini adalah para pemulung di lokasi TPA pembuangan sampah.Mereka sebetulnya sangat berjasa baik mengurangi jumlah sampah yang ada maupun memisahkan jenis sampah yang tidak bisa membusuk .Jika tidak ada pemulung maka sampah yang tidak terurai seperti plastik dan sebagainya akan bercampur dengan  sampah yang bisa membusuk sehingga secara tidak langsung sampah platik tersebut akan mencemari tanah atau lingkungan yang ada.

Dengan adanya pemulung di lokasi TPA Sampah maka sampah-sampah plastik tersebut akan  terambil dari lokasi dan menjadi barang berharga karena akan diolah kembali menjadi barang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Untuk itu melihat peran mereka yang mengurangi masalah sampah ,alangkah baiknya bila para pemulung tersebut diperhatikan oleh pemerintah seperti pemberian subsidi setiap bulannya dan sebagainya.Bagaimanapun mereka ikut perperan dalam menanggulangi masalah sampah di kota kota besar.Selain itu ehidupan mereka juga jauh dari sejahtera sehingga sekiranya diadakan pendataan pemulung di lokasi TPA dan kemudian diberi subsidi setiap bulannya Insya Allah selain akan menambah kesejahtraan mereka, maka peran mereka dalam mengurangi masalah menumpuknya sampah bisa ditingkatkan.

Semoga pemerintah bisa memperhatikan para pemulung tersebut.A

Hikmah:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S . Al-A’raaf ayat 96)