Gb.siswa yang sedang sholal Lail pada kegiatan MABIT

Bagi sekolah swasta yang secara umum siswanya merupakan siswa sisa dari sekolah negeri ,maka secara umum kasus indisipliner lebih besar dari pada sekolah negeri.Maka penanganan bagi siswa indisiplinerpun perlu bervariasi dan membawa peningkatan kualitas siswa maupun fek jera bagi siswa tersebut.

Salah satu setrategi SMK MUHAMMADIYAH I PLAYEN untuk menangani siswa-siswa yang indisipliner baik tidak masuk karena alpha maupun mbolos adalah dengan kegiatan MABIT.Dengan MABIT ini maka selain membawa efek jera bagi siswa karena harus tidur karena harus tidur di sekolah pada malam AHAD atau malam Minggu.

Dengan kegiatan MABIT ini maka Insya Allah siswa akan terbiasa sholat Maghrib seholat Isya’ dan sholat Subuh berjamaah serta sholat Lail.Selain itu pada malam harinya bisa ditambah materi keagamaan dan materi pelajaran yang lain,termasuk tadarus Al-Qur’an.

Pelaksanaan MABIT bisa melihat situasi dengan jumlah siswa ideal sekitar 35 siswa dengan 4-5 guru pendamping.Untuk konsmsi siswa sekolah bisa menyediakan air minum putih sedangkan untuk makannya para siswa membawa sendiri atau iuran dengan teman yang lain.Dalam satu angkatan bisa terdiri dari siswa dari beberapa kelas tergantung tingkat indisiplinernya.

Insya Allah dengan MABIT ini selain bisa mengurangi pelanggaran siswa juga meningkatkan mental spiritual siswa yang bersangkutan.

Hikmah:

“Barangsiapa berwudhu dengan baik keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampaipun dari bawah kuku-kukunya. “(HR. Muslim)