Gb.Siswa yang rambutnya panjang dipotong dan dirapikan oleh salah satu petugas

Salah satu keberhasilan penunjang pendidikan siswa di sekolah adalah penegakkan kedisiplinan di sekolah tersebut.Walaupun sudah sering disosialisasikan tetapi tanpa operasi dan tindakan nyata biasanya hanya sebatas ketertiban di atas kertas.

Untuk itu sebagai pendidik selain mensosialisasikan kepada siswa juga mengadakan operasi ke kelas- kelas di waktu-waktu tertentu agar ketertiban bisa ditegagkan serta konsntrasi siswa disekolah benar-benar untuk belajar atau sekolah.

SMK Muhammadiyah I Playen yang bertujuan mendidik agar siswa-siswanya menjadi siswa yang berakhlaq mulia juga secara bekala mengoperasi siswa-siswanya baik di dalam kelas maupun sewaktu siswa tersebut masuk ke pintu gerbang sekolah.

Dengan sidak mendadak kedalam kelas maka beberapa ketertiban siswa bisa di cek dan ditertibkan.Adapun beberapa yang bisa di tegakkan kedisiplinannya adalah :

1. Siswa yang tidak masuk sekolah saat itu ,bisa langsung diketahui.

2. Rambut yang panjang dan tidak rapi bisa ditertibkan.

3.Pakaian yang tidak sesuai ketentuan

4.Aribut sekolah ( bed,ikat pinggang dll )

5.Pengecekan barang dalam tas siswa yang tidak boleh di bawa ( rokok, HP, dsb )

Gb.Siswa dicek seragamnya dan kerapiannya oleh salah satu guru

Untuk mendukung kegiatan operasi kelas maka pihak sekolah sudah menyediakan alat cukur sekaligus personalnya dan lokasi tempat untuk mencukur rambut siswa yang masih panjang dan kurang rapi).

Selain itu banyak setrategi siswa yang tujuannyauntuk mengelabuhi agar HP nya tidak tersita antara lain :

1. Dimasukkan dalam tong sampah atau tempat sampah kelas.

2.Ditaruh  dalam helm

3.Ditaruh dibalik jendela kelas maupun pjok-pojok kelas yang tersembunyi

4.Ditaruh di atas salon kelas.

Gb.Beberapa bapak ibu guru menggeledah tas siswa

HP yang di sitapun setelah dikumpulkan dicek memory didalamnya ,sebab kadang-kadang berisis gambar-gambar yang tudak sesuai dengan dunia pendidikan.Bila ada Hp yang berisi gambar-gambar porno maka pihak sekolah memanggil orang tua untuk diberitahu serta pembinaan anaknya di rumah.

Demikian sekilas tentang operasi ketertiban siswa di sekolah semoga memberi manfaat kepada semua pihak khususnya di lembaga pendidikan ,orang tua maupun siswa itu sendiri.

Semoga Allah SWT sealu memberi kekuatan kepada kita. Amien

Hikmah:

“Dan sesungguhnya Allah benar-benar akan menolong orang-orang yang menolong agama-NYa( Al-Hajj:40)