Daerah Gunungkidul yang sampai saat ini selalu menjadi langganan kekuarangan air khususnya di musim kemarau perlu di terobos dengan berbagai setrategi agar kekurangan air tersebut bisa terkurangi syukur tidak terdengar lagi.

Walaupun proyek-proyek pemerintah sudah dilaksanakan seperti proyek Bribin dan Seropan di Semanu atau proyek NGObaran di Saptosari tetapi beberapa daerah masih banyak yang membeli air dengan tanki dan sebagainya.

Beberapa terobosan yang bisa dilaksanakan untuk mengurangi krisis air tersebut di musim kemarau antara lain :

1.Pembuatan bendungan-bendungan skala kecil dan menengah untuk aliran sungai yang ada di Gunungkidul.Dengan adanya bendungan ini maka selain air hujan tidak langsung mengalir ke laut juga bisa menambah cadangan air tanah di sekitarnya dan juga air dalam bendungan tersebut bisa dimanfaatkan di musim kemarau.

2.Memperbanyak  sumur –sumur peresapan baik di kota maupun di desa-desa .

Dengan banyaknya sumur peresapan maka air hujan tidak akan langsung mengalir ke sungai tetapi akan masuk ke sumur-sumur peresapan dan akan menjadi cadangan air tanah yang bisa dimanfaatkan di musim kemarau.

3.Mengefektifkan kembali telaga-telaga yang ada untuk penampungan air dan cadangan air di musim

Telaga yang bertebaran di Gunungkidul perlu di kmelola kembali dengan cara penanaman pohon-pohon pengikat air seperti pohon Beringin atau pohon lainnya yang bisa mengikat air lebih lama.Hal ini terbukti beberapa telaga dengan pohon-pohon besar seperti pohon Beringin di skitarnya ,maka airnya akan bisa bertahan lebih lama di musim kemarau.Tetapi telaga yang tanpa pohon-pohon besar seperti Beringin dan sebagainya ternyata airnya cepat kering.

4.Pemanfaatan air bekas wudlu untuk masjid-masjid dan musholla .

Air bekas wudlu yang jumlahnya sangat banyak perlu ditampung kembali dan bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman-tanaman yang ada disekitarnya atau untuk menyiram sayuran yang hasilnya lebih produktif.

5.Penanaman hutan pohon Beringin di aliran aliran sungai yang ada.

Pohon Beringin yang ada di aliran sungai terbukti bisa menahan erosi serta dimusim kemarai disekitarnya akan timbul sumber air yang walaupun kecil tetapi bila sumber air tersebut dibeberapa tempat maka akan menambah cadangan air sungai sehingga menjadi cadangan air untuk keperluan masyarakat.

Demikian sekilas urun rembug mencarikan alternative solusi agar kekurangan air di Gunungkidul khususnya pada musim kemarau bisa terkurangi.

Hikmah:

Dan barang-siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan

baginya kemudahan dalam urusannya. (QS Ath Thalaaq:4)