Gb.Dibawah rindangnya pohon beringin terdapat sumber air yang jernih

Gb.Pohon Beringin yang rindang

Pohon beringin yang merupakan salah satu pohon yang ridang daunnya serta bisa bertahan sampai puluhan tahun belum banyak dilirik untuk tanaman pencegah erosi saat ini.Selain bisa menahan erosi dari air hujan maupun air sungai yang mengalir pohon beringin juga bisa digunakan untuk penahan air tanah sehingga cadangan air tanah bisa diperbanyak dan diperpanjang penggunaannya.Begitu juga daunnya yang rindang walaupun di musim kemarau yang panjang merupakan  bahan pengolah zat karbondioksida menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia maupun hewan.

Banyak aliran sungai yang disisinya ada pohon beringin yang rindang maka dibawahnya biasanya tumbuh sumber air.Beberapa contoh yang penulis lihat seperti di aliran sungai di Wareng ,Wnosari Gunungkidul.Salah satu sungai yang mengalir di Wareng beberapa tempat ditumbuhi pohon beringin yang sudah puluhan atau mungkin ratusan tahun ,dan tepat di bawahnya timbul mata air yang sangat jernih.Contohnya adalah lokasi kali Gembuk,kali Wunut serta di Sumbermulyo Kepek Wonosari tepat dibaah pohon beringin yang besar di bawahnya terdapat sumber air yang besar pula bahkan sampai musim kemaraupun sumber air tersebut  jarang kering airnya.

Di beberapa telaga diGunungkidul begitu juga ,bila di sisi telaga tersebut tumbuh pohon beringin yang besar-besar maka air dalam telaga tersebut akan awet dan tidak cpat kering,salah satu contohnya adalah telaga Namberan di Trowono Saptosari Gunungkidul .

Dengan melihat beberapa manfaat dari pohon Beringin tersebut maka untuk menahan erosi tanah dari gerusan air hujan maupun air sunai yang mengalir serta untuk menambah cadangan air tanah khususnya di daerah yang sering kekurangan air bisa dikembangkan penggalakan penanaman pohon beringin dilokasi-lokasi yang memungkinkan .

Penanaman dan perawatan yang mudah menjadi salah satu alternative agar manfaat dari pohon beringin tersebut bisa menambah kesejahtraan kita bersama khususnya menanggulangi kekurangan air pada daerah-daerah yang sering kekurangan air seperti di Gunungkidul  khususnya dan daerah-daerah lain pada umumnya.

Hikmah:

“Bau mulut seorang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari harumnya misik (minyak wangi paling harum di dunia). “(HR. Bukhari)