Gb.Salah satu sisi kali Gembuk

Kali Gembuk yang terletak di dusun Singkar II bagian selatan merupakan hutan kecil dengan pohon-pohon beringin yang rindang dengan umur mungkin sudah ratuasan tahun.Di bawah pohon pohon beringin tersebut mengalir sungai yang bermuara di gua Semurup Giring Paliyan.

Air sungai yang melewati kerindangan hutan kecil tersebut sangat jernih dan juga tambahan sumber air dari sekitar hutan tersebut.Dengan cadangan sumber air di bawahnya maka cadangan air sungai menjadi lebih awet sehingga bisa dimanfaatkan untuk pertanian disekitarnya baik tanaman sayuran maupun jagung dan kolonjono untuk makan ternak.

Masih ada sebagian tanah yang belum ditanami ( Oro-Oro dalam bahasa Jawa ) khusunya di sebelah selatan aliran sungai.Bila ini ditanami dengan tanaman pohon Beringin atau yang lain maka Insya Allah cadangan air tanah dibawahnya akan bertambah banyak serta menjadi penahan erosi yang handal.Sayangnya sampai saat ini belum ada usaha-usaha dari pemerintah desa dan masyarakat sekitarnya untuk menanami dengan pohon –pohon tersebut.

Tempat penyeberanganpun masih seadanya dari batu batu kali yang berserakan sehingga masih sulit untuk dilewati.Bila dibuat bendungan kecil Insya Allah selain bisa menahan air lebih lama juga bisa untuk sarana transportasi baik sepeda onthel ,sepeda motor mauun mobil.

Lokasi tanah di sekitar aliran sungai sudah banyak dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk pertanian seperti sayuran, bawang merah, terong, sawi bayam dan lain sebagainya.Begitu juga tanaman ternak seperti jagung , serta kolonjono menjadi “vitamin tersendiri “ bagi yang memandangnya khususnya di musim kemarau dimana sering terjadi tanaman yang gersang dan mati.

Kelemahan yang ada saat ini sebagian kecil masyarakat masih punya keyakinan bahwa kali Gembuk ada penunggunya yang harus di beri persembahan pada saat-saat tertentu.Keyakinan ini menyebabkan asset hutan belum dikembangkan secara rasional untuk kesejahtraan masyarakat dikarenakan masih ada perasaan “KUALAT “ bila kita merubah atau membenahi hutan disekitarnya.Selain itu keyakinan ini bisa menggelincirkan hati kita dari kekuasaan Allah SWT sebab bila penunggu kali Gembuk tersebut tidak diberi sesajen maka desa Wareng akan banyak Bebendu.Padahal yang bisa mendatangkan musibah dan keberuntungan hanyalah Allah SWT bukan penunggu Kali Gembuk tersebut.Semoga ada sebagian kecil anggota masyarakat yang mau meluruskan keyakinan tersebut  dan menjadikan asset Kali Gembuk merupakan karunia Allah SWT untuk dimanfaatkan demi kemakmuran masyarakat Wareng pada umumnya.

Semoga pemerintah desa Waren khususnya dan masyarakat pada umumnya bisa merawat kali Gembuk dengan sebaik-baiknya sehingga bisa menjadi asset untuk anak cucu kita Amien.

Hikmah:

 Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezki kepadanya. ( Q.S   Al Hijr )